PENGARUH VARIASI TEKANAN DAN PENAMBAHAN UNSUR MAGNESIUM TERHADAP PENGECORAN ALUMINIUM PADA KOPLING PERAHU MOTOR (UNIVERSAL JOINT COUPLING)

Harahap, Muhamad Rizki (2023) PENGARUH VARIASI TEKANAN DAN PENAMBAHAN UNSUR MAGNESIUM TERHADAP PENGECORAN ALUMINIUM PADA KOPLING PERAHU MOTOR (UNIVERSAL JOINT COUPLING). Other thesis, UPT PERPUSTAKANPOLSRI.

[img]
Preview
Text (Cover)
Halaman Depan.pdf

Download (761kB) | Preview
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB 1.pdf

Download (211kB)
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB 2.pdf

Download (832kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI)
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (450kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB 5.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka...pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Universal joint coupling atau U-joint merupakan bagian dari perahu motor yang menghubungkan antara mesin ke poros propeller. U-joint perahu motor yang terbuat dari aluminium ini sering mengalami kerusakan seperti patah karena mengalami gaya beban ketika beroperasi. Tujuan penelitian ini ialah untuk meningkatkan kualitas dari produk ini dengan metode squeeze casting dengan penambahan unsur magnesium 3% dan 4% serta variasi penekanan 70 , 85 dan 100 MPa terhadap pengecoran produk universal joint coupling. Proses pengecoran dilakukan dengan meleburkan aluminium dan mencampur dengan magnesium lalu ditekan menggunakan alat hidrolik pressure. Setelah proses pengecoran selesai dilakukan perapihan spesimen untuk pengujian kekerasan. Hasil dari uji kekerasan nilai tertinggi diperoleh pada parameter penekanan 100 MPa. Untuk Al-Mg 4% dengan penekanan 100 MPa didapatkan nilai rata-rata kekerasannya 94,66 BHN. Untuk Al-Mg 3% dengan penekanan 100 MPa didapatkan nilai rata-rata 90,06 BHN. Sedangkan raw material memiliki nilai kekerasan 57,52. Lalu pada pengujian impak nilai tertinggi diperoleh pada parameter penekanan 100 Mpa. Untuk Al-Mg 4% didapatkan nilai 0,083 J/mm2. Untuk Al-Mg 3 % didapatkan nilai 0,119 J/mm2 sedangkan raw material memiliki nilai impak 0,036. Hal ini dapat dilihat bahwa nilai kekerasan dan impak meningkat dari sebelumnya, ini dapat disimpulkan bahwa metode pengecoran squeeze casting dan penambahan magnesium dapat mempengaruhi nilai kekerasan dan impak dari aluminium.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Squzee casting, Aluminium, magnesium, uji Kekerasan, uji impak
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Mechanical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 28 Oct 2024 09:52
Last Modified: 28 Oct 2024 09:52
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15737

Actions (login required)

View Item View Item