TEKNOLOGI GPS NEO-6 UNTUK TRACKING KAPAL PENUMPANG DI PERAIRAN SUNGAI MUSI SECARA REAL TIME DENGAN FITUR TOMBOL EMERGENCY SOS

AZZAHRA, DITA (2023) TEKNOLOGI GPS NEO-6 UNTUK TRACKING KAPAL PENUMPANG DI PERAIRAN SUNGAI MUSI SECARA REAL TIME DENGAN FITUR TOMBOL EMERGENCY SOS. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.

[img]
Preview
Text
File I (COVER).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
File II (BAB I).pdf

Download (178kB)
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File III (BAB II).pdf

Download (466kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
File IV (BAB III).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File V (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
File VI (BAB V).pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE VII (DAFTAR PUSTKA).pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File VIII (LAMPIRAN).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemantauan posisi alat transportasi merupakan hal penting dalam dunia transportasi, salah satunya pada kapal laut. Hal ini dibutuhkan untuk mengetahui posisi kapal secara akurat ketika terjadinya kemungkinan resiko kecelakaan. Teknologi Global Potisioning System (GPS) merupakan sistem satelit navigasi dan sistem penentuan posisi geografis dengan menggunakan satelit melalui 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Pada penelitian ini menggunakan modul GPS NEO-6M yang berfungsi sebagai penerima GPS (Global Positioning System Receiver) untuk mendeteksi lokasi dengan menangkap dan memproses sinyal dari satelit navigasi. Lokasi yang menjadi target pengujian yaitu di Sungai Musi tepatnya di daerah Musi 6, Intirub, dan Benteng Kuto Besak (BKB). Berdasarkan lokasi 1 di daerah Musi 6 didapatkan rata-rata error latitude sebesar 0,000281% dan rata-rata error longitude sebesar 0,000406%. Selanjutnya untuk pengujian kapal di lokasi 2 daerah Intirub, didapatkan hasil rata-rata error latitude sebesar 0,0024% dan rata-rata error longitude sebesar 0,00053%. Untuk pengujian kapal di lokasi 3 daerah Benteng Kuto Besak (BKB), didapatkan hasil bahwa rata rata error latitude sebesar 0,037% dan rata-rata error longitude sebesar 0,00058%. Hasil yang diperoleh dari perancangan ini mampu menampilkan data informasi dari kapal berupa Maps pada aplikasi Blynk dan notifikasi akan muncul ketika tombol SOS ditekan. Sehingga dapat membantu proses evakuasi ketika terjadi kecelakaan atau hal darurat yang terjadi di kapal secara tepat dan tepat. Serta dapat meningkatkan keamanan dan rasa nyaman bagi keselamatan penumpang kapal selama menggunakan transportasi air.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: GPS, GPS NEO-6, tracking kapal, sungai Musi, Emergency SOS
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 23 Jan 2025 02:06
Last Modified: 23 Jan 2025 02:06
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15845

Actions (login required)

View Item View Item