PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK

ANDIKO, M FAJAR (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF JARIMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK. Other thesis, UPT PERPUSTAKAAN POLSRI.

[img]
Preview
Text (Cover)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Matematika dimaksudkan untuk meningkatkan proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas pengajaran karena sifatnya yang konsisten, dan logis. Kemajuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi telah secara signifikan mempengaruhi penggunaan alat bantu mengajar di sekolah . Bagaimana membangun dan membuat media pembelajaran interaktif jarimatika Tujuan dari penelitian ini, yaitu menghasilkan media pembelajaran interaktif menghitung penjumlahan dan pengurangan yang bisa digunakan secara mandiri untuk anak dengan metode jarimatika. Metode pengembangan sistem aplikasi ini adalah Teori model ADDIE. Adapun Teknik pengujian yangdigunakan pada aplikasi adalah blakcbox dan kuesioner.Dari hasil pengujian tersebut disimpulkan bahwa aplikasi memberikan peningkatan dalam pemahaman anak tentang jarimatika dan menunjukkan semua fungsi fitur berjalan sesuai dengan yang diharapkan, sementara hasil pengujian kuesioner memperoleh hasil dengan index 80.33% kriteria validPenelitian berhasil merancang dan mengembangkan sebuah media pembelajaran dengan judul “Jarimatika” yang memiliki beberapa fitur seperti materi yang berisi penjelasan mengenai jarimatika, latihan berisi ada penjumlahan dan pengurangan , kuis yang dimana bentuk soalnya itu digabung antara penjumlahan dan pengurangan. Penelitian ini memiliki hasil validitas yang sangat baik terbukti dari hasil validitas gabungan sebesar 80.33% yang termasuk kedalam kriteria yaitu ”Valid”

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Matematika, Jarimatika, Media Pembelajaran
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Computer Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 26 Feb 2025 04:24
Last Modified: 26 Feb 2025 04:24
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16101

Actions (login required)

View Item View Item