PENGEMBANGAN PROMOSI PENJUALAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA KERAJINAN ANYAMAN DI KECAMATAN SEBERANG ULU I

RAHAYU, PIKA TEMU (2024) PENGEMBANGAN PROMOSI PENJUALAN MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL PADA KERAJINAN ANYAMAN DI KECAMATAN SEBERANG ULU I. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img] Text
File 1 Cover.pdf

Download (589kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
File 2 Bab I.pdf

Download (148kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File 3 Bab II.pdf

Download (120kB)
[img] Text (BAB III KEADAAN UMUM PERUSAHAAN)
File 4 Bab IIII.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File 5 Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
File 6 Bab V.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 7 Daftar Pustaka.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
File 8 Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Laporan ini membahas pengembangan promosi penjualan menggunakan media sosial untuk kerajinan anyaman di Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang. Kecamatan ini dikenal sebagai kampung anyaman yang menghasilkan berbagai produk unik dan berkualitas tinggi. Produk-produk anyaman yang dihasilkan tidak hanya memiliki nilai seni tinggi, tetapi juga fungsionalitas yang baik. Meskipun memiliki potensi besar, penjualan kerajinan anyaman mengalami penurunan setiap tahunnya, yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti persaingan dengan produk modern dan kurangnya promosi yang efektif. Untuk mengatasi tantangan ini, strategi yang diterapkan adalah mengembangkan promosi melalui media sosial. Media sosial seperti Instagram, Facebook, dan WhatsApp Business menyediakan untuk mencapai konsumen baik lokal maupun global, dengan biaya yang relatif rendah dan efisiensi tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan observasi, wawancara terstruktur, teknik dokumentasi, dan studi kepustakaan untuk mengumpulkan data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan promosi melalui media sosial dapat memperluas jangkauan pasar kerajinan anyaman, meningkatkan kesadaran merek, dan memperkuat hubungan dengan konsumen. Selain itu, strategi promosi yang efektif melalui media sosial mampu meningkatkan interaksi dengan konsumen, sehingga memberikan dampak positif terhadap citra produk kerajinan anyaman. Dengan demikian, pengembangan promosi menggunakan media sosial terbukti memberikan manfaat signifikan bagi para pengrajin anyaman di Kecamatan Seberang Ulu I, membantu mereka untuk lebih dikenal luas dan mendapatkan pangsa pasar yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, promosi penjualan, instagram, facebook, whatsApp business, kerajinan anyaman
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 19 Jul 2025 15:21
Last Modified: 19 Jul 2025 15:31
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16590

Actions (login required)

View Item View Item