Jesikasari, Verda (2025) Strategi Pengembangan Usaha Pada SQ Florist. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version Download (636kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (140kB) |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (168kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (Skripsi Lengkap)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
SQ Florist adalah salah satu bisnis kecil yang begerak di bidang jasa pembuatan papan bunga yang berlokasi di Komplek Griya Harapan RSSC Blok 2A, Kelurahan Sako, Kecamatan Sako yang berdiri pada akhir tahun 2019.SQ Florist menghadapi banyak tantangan dalam menjalankan bisnisnya seperti dalam hal produksi, pemasaran, SDM, dan keuangan. Di antara masalah tersebut adalah promosi digital yang buruk, pencatatan keuangan yang masih dilakukan secara manual, kurangnya pelatihan karyawan, dan kurangnya inovasi dalam desain produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengembangan usaha melalui pendekatan kewirausahaan, menggunakan analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk melakukan penelitian, yang meliputi dokumentasi, studi literatur, wawancara, dan observasi langsung. Hasil analisis SWOT menunjukkan SQ Florist harus segera memperbaiki kualitas papan bunga dengan busa padat dan bunga sintetis premium, serta pelatihan karyawan dengan menonton tutor yang tersedia di internet, seperti Instagram dan YouTube. Pengunan Whatsapp dan jadwal pengiriman yang teratur agar dapat memudahkan komunikasi dan pengiriman. Konten, foto, video, dan iklan Instagram harus digunakan untuk meningkatkan pemasaran. Meskipun harganya lebih tinggi dari pesaing, nilai jual dapat ditingkatkan melalui tambahan konsultasi desain gratis, kartu ucapan, dan diskon pelanggan tetap. Hasil BMC merekomendasikan inovasi desain papan bunga baru, peningkatan sistem pencatatan keuangan, pelatihan digital marketing, dan pengoptimalan media sosial untuk pemasaran. Secara keseluruhan, model bisnis SQ Florist sudah baik; namun, perlu ditingkatkan hubungan pelanggan dengan layanan yang cepat dan ramah, diskon untuk pelanggan yang setia, dan promosi digital yang lebih efektif. Mengoptimalkan setiap komponen BMC akan membantu SQ Florist tetap kompetitif dan bertahan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Strategi Pengembangan, SQ Florist, SWOT, Business Model Canvas, UMKM |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Adm Bisnis |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 03:24 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 03:24 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |