Strategi Pengembangan Usaha Pada SQ Florist

Jesikasari, Verda (2025) Strategi Pengembangan Usaha Pada SQ Florist. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[img] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version

Download (140kB)
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (524kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (Skripsi Lengkap)
Skripsi Lengkap.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

SQ Florist adalah salah satu bisnis kecil yang begerak di bidang jasa pembuatan papan bunga yang berlokasi di Komplek Griya Harapan RSSC Blok 2A, Kelurahan Sako, Kecamatan Sako yang berdiri pada akhir tahun 2019.SQ Florist menghadapi banyak tantangan dalam menjalankan bisnisnya seperti dalam hal produksi, pemasaran, SDM, dan keuangan. Di antara masalah tersebut adalah promosi digital yang buruk, pencatatan keuangan yang masih dilakukan secara manual, kurangnya pelatihan karyawan, dan kurangnya inovasi dalam desain produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk merumuskan strategi pengembangan usaha melalui pendekatan kewirausahaan, menggunakan analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC). Metode deskriptif kualitatif digunakan untuk melakukan penelitian, yang meliputi dokumentasi, studi literatur, wawancara, dan observasi langsung. Hasil analisis SWOT menunjukkan SQ Florist harus segera memperbaiki kualitas papan bunga dengan busa padat dan bunga sintetis premium, serta pelatihan karyawan dengan menonton tutor yang tersedia di internet, seperti Instagram dan YouTube. Pengunan Whatsapp dan jadwal pengiriman yang teratur agar dapat memudahkan komunikasi dan pengiriman. Konten, foto, video, dan iklan Instagram harus digunakan untuk meningkatkan pemasaran. Meskipun harganya lebih tinggi dari pesaing, nilai jual dapat ditingkatkan melalui tambahan konsultasi desain gratis, kartu ucapan, dan diskon pelanggan tetap. Hasil BMC merekomendasikan inovasi desain papan bunga baru, peningkatan sistem pencatatan keuangan, pelatihan digital marketing, dan pengoptimalan media sosial untuk pemasaran. Secara keseluruhan, model bisnis SQ Florist sudah baik; namun, perlu ditingkatkan hubungan pelanggan dengan layanan yang cepat dan ramah, diskon untuk pelanggan yang setia, dan promosi digital yang lebih efektif. Mengoptimalkan setiap komponen BMC akan membantu SQ Florist tetap kompetitif dan bertahan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Strategi Pengembangan, SQ Florist, SWOT, Business Model Canvas, UMKM
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 12 Aug 2025 03:24
Last Modified: 12 Aug 2025 03:24
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17186

Actions (login required)

View Item View Item