PERANCANGAN VIDEO PROMOSI PROFIL DAN TATA RUANG MUSEUM TAMAN WISATA KERAJAAN SRIWIJAYA DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA WISATAWAN

Alfina, Angelica Putri (2025) PERANCANGAN VIDEO PROMOSI PROFIL DAN TATA RUANG MUSEUM TAMAN WISATA KERAJAAN SRIWIJAYA DALAM MEMBERIKAN INFORMASI KEPADA WISATAWAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img] Text (Bab I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] Text (Bab II)
BAB II ~.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] Text (Bab III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] Text (Bav IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)
[img] Text (Bab V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text (Lampiran I)
LAMPIRAN ``.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perancangan Video Promosi Profil dan Tata Ruang Museum Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya untuk Memberikan Informasi kepada Wisatawan”. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang dan pengembangan video promosi serta tata ruang Museum Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya yang terletak di Palembang, Sumatera Selatan. Sebagai destinasi wisata sejarah dan edukatif, museum ini menampilkan warisan Kerajaan Sriwijaya, sebuah kekuatan maritim besar di kawasan Asia Tenggara. Tujuan dari penelitian ini adalah menciptakan media yang menarik dan informatif untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan minat wisatawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menerapkan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation), yang dikombinasikan dengan metode 5W+1H guna mengidentifikasi kebutuhan dan strategi komunikasi yang efektif. Prosesnya mencakup tahapan pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi dalam pembuatan video promosi yang menampilkan koleksi sejarah museum, pengalaman pengunjung, serta susunan tata ruang. Selain itu, dibuat pula layout 2D untuk mendukung pemahaman visual terhadap struktur museum. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi video promosi dan tata ruang dapat memperjelas pesan sejarah serta meningkatkan daya tarik museum. Penggunaan media digital terbukti efektif dalam mempromosikan pariwisata budaya serta menjangkau audiens lokal maupun internasional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Video Promosi, Desain Museum, Pariwisata Budaya, Kerajaan Sriwijaya, Tata Ruang, Komunikasi Visual, Model ADDIE.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 10 Aug 2025 07:18
Last Modified: 10 Aug 2025 07:18
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17485

Actions (login required)

View Item View Item