Ekfektivitas Kemampuan Soft Skill Dan Hard Skill Tour Leader Terhadap Kepuasan Peserta Tour Pada Help Tour Travel

Rhisha, Valerin Trixie (2025) Ekfektivitas Kemampuan Soft Skill Dan Hard Skill Tour Leader Terhadap Kepuasan Peserta Tour Pada Help Tour Travel. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas kemampuan Soft Skill dan Hard Skill Tour Leader terhadap kepuasan peserta tour pada Help Tour Travel. Soft skill mencakup aspek interpersonal seperti komunikasi, empati, dan kepemimpinan, sementara hard skill mencakup penguasaan teknis seperti manajemen waktu, penguasaan destinasi, dan penyelesaian masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif asosiatif. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 89 responden yang merupakan peserta tour Help Tour Travel. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial soft skill dan Hard Skill tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan peserta tour. Nilai koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,634 meskipun tinggi, tetap perlu diinterpretasikan hati-hati karena nilai signifikansi dari uji F tidak mendukung keberartian model. Dengan demikian, disimpulkan bahwa kontribusi Soft Skill dan Hard Skill terhadap kepuasan pelanggan tergolong rendah secara statistik. Dengan demikian, keseimbangan antara kemampuan teknis dan interpersonal sangat penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan tour leader dan kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Soft Skill, Hard Skill, Tour Leader, Kepuasan Peserta Tour, CV Help Tour Travel
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 01 Sep 2025 03:55
Last Modified: 01 Sep 2025 03:55
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18643

Actions (login required)

View Item View Item