Usma, Idwi (2024) APLIKASI PENGOLAHAN DATA TAGIHAN REKENING AIR PELANGGAN PADA PDAM TIRTA PRABUJAYA BERBASIS WEBSITE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
File I.pdf Download (803kB) |
||
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
File II.pdf Download (240kB) |
||
|
Text (BAB II TINAJAUN PUSTAKA)
File III.pdf Download (685kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN)
File IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (455kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File V.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
File VI.pdf Download (18kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File VII.pdf Download (245kB) |
||
|
Text (Listing Program)
File VIII.pdf Download (77kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penulisan Laporan Akhir ini adalah untuk membangun Aplikasi Pengolahan Data Tagihan Rekening Air Pelanggan Pada PDAM Tirta Prabujaya Kota Prabumulih Berbasis Website. Saat ini proses pendataan pengolahan tagihan dan penyaluran air kepada pelanggan masih menggunakan sistem manual dengan mencatat menggunakan lembaran kertas dan petugas lapangan harus ke lokasi pelanggan apabila ada keterlambat dalam pembayaran sehingga banyak memakan waktu karena harus dikelola minimal dua kali serta sering terjadi kesalahan penginputan data yang menyulitkan staf bagian Kasubbag Pembukuan dan Rekening dengan adanya Aplikasi Pengolahan Data Tagihan Rekening Air maka proses penginputan data tagihan rekening air dan bagian staf Kasubbag Pembukuan dan Rekening dalam mengelolah data akan menjadi efektif dan efesien karena data akan tersimpan didalam database sehingga tidak akan hilang dan mudah. Metode yang digunakan untuk pembuatan laporan ini adalah Waterfall. Proses yang digunakan untuk mendesain sistem aplikasi ini adalah Unified Modeling Language (UML) dan menggunakan bahasa pemrograman PHP berbasis CodeIgniter (CI) serta database MySQL. Aplikasi ini terdiri 2 entitas yaitu Admin dan Petugas Lapangan. dengan adanya aplikasi berbasis website ini, Penulis berharap dapat mempermudah pihak PDAM Tirta Prabujaya Kota Prabumulih dalam proses pengolahan data tagihan rekening air lebih cepat, efisien, meminimalisir kesalahan yang terjadi serta dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanannya.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Pelayanan, Pengolahan Data, Tagihan, Pelanggan, Website |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Informatics Management > Undergraduate Theses |
| Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 03:57 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 03:57 |
| URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19528 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
