PENGARUH SUBSTITUSI PARSIAL BAHAN ALAMI LATEKS TERHADAP KINERJA ASPAL PORUS PADA LAPISAN WEARING COURSE

Liza, Nurul and Nabila, Natasa Sukma (2019) PENGARUH SUBSTITUSI PARSIAL BAHAN ALAMI LATEKS TERHADAP KINERJA ASPAL PORUS PADA LAPISAN WEARING COURSE. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img] Text (COVER)
1. COVER.pdf

Download (249kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. BAB I.pdf

Download (85kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
3. BAB II.pdf

Download (505kB)
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
4. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (941kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENGUJIAN DAN PEMBAHASAN)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
6. BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] Text
8. Lampiran Pengujian Material.pdf

Download (251kB)

Abstract

Kondisi permukaan jalan aspal perlu mempertimbangkan tingkat kekesatan aspal, agar roda kendaraan - kendaraan tidak mudah tergelicir dan dapat mengurangi kecelakaan lalu lintas ketika musim hujan, serta meredam suara kendaraan sehingga dapat menurunkantingkat polusi suara. Disisi lain, ketersediaan aspal minyak semakin menurun seiring dengan semakin menurunnya ketersediaan minyak dunia. Permasalahan di atas akhirnya membuka pikiran banyak pihak untuk mengembangkan aspal modifikasi yang saat ini sedang dikembangkan adalah karet alam dalam bentuk lateks atau getah karet. Penggunaan substitusi lateks terhadap aspal porus diharapkan dapat menghasilkan suatu alternatif baru dalam meningkatkan kinerja perkerasan jalan dan dapat menjadi solusi untuk jalan raya menerima beban berat dari kendaraan dan juga juga memanfaatkan penyerapan yang baik untuk menghindari genangan air karena hujan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa subtitusi lateks dalam aspal sebagai bahan pengikat dapat mempertahankan nilai karakteristik Marshall di atas spesifikasi, dan menaikkan nilai stabilitas serta mempertahankan nilai kelelehan agar tidak terlalu tinggi. Dari variasi pesentase ditunjukkan pada campuran dengan kadar aspal 5% dan lateks 4% yang layak untuk direkomendasikan karena nilai stabilitasnya paling maksimum yaitu 1830,330 kg, VIM 19,576 %, Flow 5,347 mm, MQ 342,310 kg/mm dan layak untuk digunakan sebagai bahan subtitusi aspal pada lapisan wearing course

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: substitusi, aspal, lateks, marshall
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 16 Jan 2020 09:39
Last Modified: 16 Jan 2020 09:39
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/6393

Actions (login required)

View Item View Item