ANALISIS PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT TRANS MUSI PADA KORIDOR I ALANG-ALANG LEBAR - AMPERA DI KOTA PALEMBANG

Romadon, Muhammad and Mei Andani, Rizka (2019) ANALISIS PELAYANAN BUS RAPID TRANSIT TRANS MUSI PADA KORIDOR I ALANG-ALANG LEBAR - AMPERA DI KOTA PALEMBANG. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (COVER)
1. Cover, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Abstrak, Motto, Daftar Isi.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2. Bab I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
3. Bab II.pdf

Download (682kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
4. Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
5. Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
6. BAB V.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Trans Musi merupakan transportasi angkutan umum dengan konsep Bus Rapid Transit sebagai upaya untuk mengurangi kemacetan dan sebagai alternatif kendaraan angkutan umum yang nyaman bagi penumpang. Untuk meningkatkan pelayanan transportasi dengan sistem angkutan umum yang efisien, berkualitas, dan berkelanjutan maka dilakukan penelitian terhadap angkutan umum. Tujuan ini untuk mengetahui apakah pelayanan bus Trans Musi sesuai dengan standar yang telah ditentukan serta menentukan kebutuhan jumlah armada kendaraan yang beroperasi. Penelitian ini dilakukan pada koridor I Alang-alang Lebar – Ampera, dipilihnya koridor ini karena banyaknya penumpang yang membutuhkan pelayanan angkutan umum dan koridor tersebut merupakan jalur utama yang melayani aktivitas masyarakat perkotaan. Titik pengamatan dilakukan di halte-halte dan di dalam bus Trans Musi dengan menghitung jumlah kendaraan dan waktu tiba di halte, waktu pelayanan, waktu keberangkatan, dan jumlah kapasitas bus. Hasil penelitian diperoleh bahwa headway rata-rata sebesar 5 menit 40 detik, waktu perjalanan rata-rata sebesar 1 jam 36 menit 59 detik, waktu isi rata-rata sebesar 19 detik, jumlah penumpang rata-rata 23 penumpang/kendaraan, dan load factor sebesar 42%. Dari analisis diperoleh persamaan linear, y=3E-05x3- 0.0111x2 + 0.9044x + 34.363. Hal ini diperlihatkan bahwa nilai load factor dan waktu isi tidak memenuhi standar pelayanan angkutan umum. Waktu isi tersebut terlalu cepat sehingga perlu dilakukan pengurangan terhadap bus agar jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Bus Rapid Transit, headway, load factor, waktu isi, jumlah armada bus
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 04 Jul 2021 14:40
Last Modified: 04 Jul 2021 14:40
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/6738

Actions (login required)

View Item View Item