Atallarick, M. Daffa (2020) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MUSEUM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN KE MUSEUM NASIONAL INDONESIA. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.
|
Text
COVER.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (193kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (252kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat pengaruh kualitas pelayanan museum terhadap minat kunjungan ulang wisatawan ke Museum Nasional Indonesia. Dengan pendekatan kuantitatif-deskriptif, penelitian ini menggunakan 100 responden yang merupakan pengunjung Museum Nasional Indonesia, diambil secara purposive sampling dari teknik non-probability sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara survei yang terdiri dari wawancara dan kuesioner. Dimensi kualitas pelayanan museum yang digunakan dinyatakan valid dan reliabel, sehingga mewakili instrumen penelitian untuk mengukur kualitas pelayanan museum. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi, yaitu Y = 4,254 + 0,279X1 + 0,045X2 + 0,201X3 + 0,165X4 + 0,218X5. Secara parsial, kualitas pelayanan museum (X) yang dinyatakan berpengaruh positif-signifikan adalah dimensi bukti fisik, empati, komunikasi, dan pameran, sedangkan dmensi daya tanggap dinyatakan berpengaruh positif-tidak signifikan terhadap minat kunjungan ulang (Y). Secara simultan menunjukkan kualitas pelayanan museum (X) berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang (Y) wisatawan dengan kekuatan hubungan sangat kuat (82,2%). Rata-rata responden menilai baik keseluruhan kualitas pelayanan museum dan sangat setuju untuk berkunjung ulang ke museum. Perlu menjadi perhatian Museum Nasional Indonesia adalah mempertahankan dan menambah pelayanan publik yang inklusif, memperhatikan penyediaan toko souvenir dengan produk bervariasi, penggunaan teknologi pada museum, dan penambahan jumlah pegawai museum.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Minat Berkunjung Ulang, Museum, Wisatawan |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 10 Sep 2021 07:53 |
Last Modified: | 10 Sep 2021 07:53 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/9349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |