ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MUSEUM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN KE MUSEUM NASIONAL INDONESIA

Atallarick, M. Daffa (2020) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN MUSEUM TERHADAP MINAT KUNJUNGAN ULANG WISATAWAN KE MUSEUM NASIONAL INDONESIA. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (783kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat pengaruh kualitas pelayanan museum terhadap minat kunjungan ulang wisatawan ke Museum Nasional Indonesia. Dengan pendekatan kuantitatif-deskriptif, penelitian ini menggunakan 100 responden yang merupakan pengunjung Museum Nasional Indonesia, diambil secara purposive sampling dari teknik non-probability sampling. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara survei yang terdiri dari wawancara dan kuesioner. Dimensi kualitas pelayanan museum yang digunakan dinyatakan valid dan reliabel, sehingga mewakili instrumen penelitian untuk mengukur kualitas pelayanan museum. Penelitian ini menghasilkan persamaan regresi, yaitu Y = 4,254 + 0,279X1 + 0,045X2 + 0,201X3 + 0,165X4 + 0,218X5. Secara parsial, kualitas pelayanan museum (X) yang dinyatakan berpengaruh positif-signifikan adalah dimensi bukti fisik, empati, komunikasi, dan pameran, sedangkan dmensi daya tanggap dinyatakan berpengaruh positif-tidak signifikan terhadap minat kunjungan ulang (Y). Secara simultan menunjukkan kualitas pelayanan museum (X) berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang (Y) wisatawan dengan kekuatan hubungan sangat kuat (82,2%). Rata-rata responden menilai baik keseluruhan kualitas pelayanan museum dan sangat setuju untuk berkunjung ulang ke museum. Perlu menjadi perhatian Museum Nasional Indonesia adalah mempertahankan dan menambah pelayanan publik yang inklusif, memperhatikan penyediaan toko souvenir dengan produk bervariasi, penggunaan teknologi pada museum, dan penambahan jumlah pegawai museum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Minat Berkunjung Ulang, Museum, Wisatawan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 10 Sep 2021 07:53
Last Modified: 10 Sep 2021 07:53
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/9349

Actions (login required)

View Item View Item