PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018

HUMAIRAH, MASAYU SORAYA (2020) PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN RETURN ON ASSET (ROA) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN SUBSEKTOR FOOD AND BEVERAGE YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan dan Return On Asset (ROA) terhadap Nilai Perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dan diperoleh sampel sebanyak 10 perusahaan dari 26 populasi. Penelitian ini menggunakan data berupa laporan tahunan yang di peroleh dari Bursa Efek Indonesia. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Corporate Social Responsibility (CSR) dan Return On Asset (ROA). Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah Nilai Perusahaan (Price Book Value). Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik data dengan menggunakan SPSS 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel X1 (CSR) tidak memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV) dibuktikan berdasarkan nilai T hitung 1,930 < Ttabel 2,051 dengan signifikan 0,064 > 0,05. Variabel X2 Return On Asset (ROA) memiliki pengaruh signifikan terhadap Nilai Perusahaan (PBV) dibuktikan berdasarkan nilai T hitung 2,500 > Ttabel 2,051 dengan signifikan 0,019 < 0,05. Variabel X1 (CSR) dan X2 (ROA) berpengaruh secara simultan terhadap Nilai Perusahaan (PBV) dibuktikan berdasarkan F hitung 4,764 > Ftabel 3,34 dengan signifikan 0,017 < 0,05. Dalam penelitian ini diharapkan perusahaan dapat lebih memperhatikan peningkatan Nilai Perusahaan (Price Book Value) karena Nilai Perusahaan (Price Book Value) merupakan salah satu peran penting untuk melihat kondisi keuangan. Serta perusahaan juga sebaiknya dapat meningkatkan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) setiap tahunnya agar dapat memberikan dampak yang baik bagi lingkungan serta menumbuhkan image yang lebih bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility (CSR), Return On Asset (ROA) dan Nilai Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Accounting > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 04 Oct 2021 05:48
Last Modified: 04 Oct 2021 05:48
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/9894

Actions (login required)

View Item View Item