Nurmalasari, Qinandea (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA 3 DIMENSI SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ELEKTRONIKATELEKOMUNIKASI BERBASIS VIRTUAL REALITY. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
FILE I.pdf Download (401kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
FILE II.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
FILE III.pdf Download (629kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
FILE IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
FILE V.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
FILE VI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE VII.pdf Download (111kB) | Preview |
Abstract
Perkembangan informasi dan teknologi saat ini sangatlah pesat memberikan pengaruh besar di dunia, bahkan hingga ke setiap aspek kehidupan manusia, salah satu diantaranya dalam bidang pendidikan. Penggunaan multimedia sebagai alat bantu pembelajaran semakin populer seiring berkembangnya teknologi. Dalam mempelajari praktikum elektronika telekomunikasi kita diwajibkan untuk memahami modul, alat dan materi yang digunakan di lab elektronika telekomunikasi. Terbatas nya alat praktikum elektronika telekomunikasi menyebabkan mahasiswa harus mempelajari, mengamati dan mengambil data secara bergantian. Oleh karena itu perlu kita kembangkan media pembelajaran praktikum elektronika telekomunikasi berbasis virtual reality. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode pengembangan. Tahap Pengembangan 3D yaitu merancang Object 3D menggunakan blender, merancang object 3D dan memprogram di Unity, visual effect virtual reality dan pengujian aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran praktikum elektronika telekomunikasi berbasis virtual reality. Media pembelajaran ini menggunakan smartphone versi android dan VR BOX. Di dunia pendidikan,semakin banyak berkurangnya minat belajar mahasiswa dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin canggih apalagi ditambah pada masa pandemi COVID-19 mahasiswa dan dosen dapat belajar secara daring atau dirumah masing-masing tanpa berinteraksi kontak fisik. Kata Kunci: 3D Object, Blender, Unity, Virtual Reality vi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: 3D Object, Blender, Unity, Virtual Reality |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 20 Jan 2023 02:43 |
Last Modified: | 20 Jan 2023 02:43 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |