PENGEMBANGAN MULTIMEDIA 3 DIMENSI SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ELEKTRONIKATELEKOMUNIKASI BERBASIS VIRTUAL REALITY

Nurmalasari, Qinandea (2021) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA 3 DIMENSI SEBAGAI SARANA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ELEKTRONIKATELEKOMUNIKASI BERBASIS VIRTUAL REALITY. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
FILE I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
FILE II.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
FILE III.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
FILE IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
FILE V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
FILE VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE VII.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Perkembangan informasi dan teknologi saat ini sangatlah pesat memberikan pengaruh besar di dunia, bahkan hingga ke setiap aspek kehidupan manusia, salah satu diantaranya dalam bidang pendidikan. Penggunaan multimedia sebagai alat bantu pembelajaran semakin populer seiring berkembangnya teknologi. Dalam mempelajari praktikum elektronika telekomunikasi kita diwajibkan untuk memahami modul, alat dan materi yang digunakan di lab elektronika telekomunikasi. Terbatas nya alat praktikum elektronika telekomunikasi menyebabkan mahasiswa harus mempelajari, mengamati dan mengambil data secara bergantian. Oleh karena itu perlu kita kembangkan media pembelajaran praktikum elektronika telekomunikasi berbasis virtual reality. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode pengembangan. Tahap Pengembangan 3D yaitu merancang Object 3D menggunakan blender, merancang object 3D dan memprogram di Unity, visual effect virtual reality dan pengujian aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran praktikum elektronika telekomunikasi berbasis virtual reality. Media pembelajaran ini menggunakan smartphone versi android dan VR BOX. Di dunia pendidikan,semakin banyak berkurangnya minat belajar mahasiswa dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin canggih apalagi ditambah pada masa pandemi COVID-19 mahasiswa dan dosen dapat belajar secara daring atau dirumah masing-masing tanpa berinteraksi kontak fisik. Kata Kunci: 3D Object, Blender, Unity, Virtual Reality vi

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: 3D Object, Blender, Unity, Virtual Reality
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Telecommunication Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:43
Last Modified: 20 Jan 2023 02:43
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11993

Actions (login required)

View Item View Item