ANALISA BREAK EVEN POINT (BEP) SEBAGAI DASAR UNTUK MENENTUKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN BAKSO DAN MIEAYAM MIDUN PLAJU)

HERDIANSYAH, ACHMAD NANDA (2022) ANALISA BREAK EVEN POINT (BEP) SEBAGAI DASAR UNTUK MENENTUKAN VOLUME PENJUALAN (STUDI KASUS PADA RUMAH MAKAN BAKSO DAN MIEAYAM MIDUN PLAJU). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (Cover)
File 1.pdf

Download (794kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
File 2.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File 3.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text (BAB III KEADAAN UMUM PERUSAHAAN)
File 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
FIle 6.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FIle 7.pdf

Download (159kB) | Preview

Abstract

Judul Laporan Akhir ini adalah Analisa Break Even Point (BEP) Sebagai Dasar Untuk Menentukan Volume Penjualan. Tujuan laporan ini adalah untuk mengetahui perhitungan dengan menggunakan Break Even Point (BEP) pada Rumah Makan Bakso dan Mie Ayam Midun Plaju yang mencakup pengklasifikasian biaya variabel dan biaya tetap, untuk mengetahui titik balik modal dan Break Even Point (BEP) dalam unit dan rupiah untuk seluruh jenis produk dan juga masing-masing jenis produk agar tercapai titik Break Even Point (BEP), dan juga untuk mengetahui volume penjualan yang harus dicapai dalam meningkatkan perencanaan laba. Data dikumpulkan melalui wawancara dan riset kepustakaan. Data di analisa menggunakan rumus multiproduk dari Break Even Point (BEP) dan juga perhitungan perencanaan kapasitas penjualan. Hasil menunjukan bahwa BEP (Rp) 2021 untuk semua produk sebesar Rp 514.339.803,-. Selanjutnya perincian Break Even Point (BEP) masing-masing produk, untuk produk bakso BEP rupiah sebesar Rp 293.173.687 dengan BEP unit sebanyak 22.552. Sedangkan untuk Mie Ayam BEP rupiah sebesar Rp 221.166.155 dengan BEP unit sebanyak 21.117. Dimana, pada tahun 2022 jika perusahaan menginginkan laba yang diharapkan maka mampu melakukan penjualan sebesar Rp 1.359,529.065 dan 118.676 porsi. Break Even Point (BEP) digunakan sebagai metode untuk mengetahui perencanaan laba sehingga mengetahui volume penjualan agar terhindar dari resiko kerugian.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Break Even Point (BEP), Biaya Tetap, Perencanaan Laba, Biaya Variabel
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 24 Jan 2023 03:07
Last Modified: 24 Jan 2023 03:07
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12036

Actions (login required)

View Item View Item