RANCANG BANGUN SIMULATOR SISTEM ENGINE PRESSURE RATIO (EPR) BERBASIS MIKROKONTROLER

FARHAN, MUHAMMAD (2022) RANCANG BANGUN SIMULATOR SISTEM ENGINE PRESSURE RATIO (EPR) BERBASIS MIKROKONTROLER. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III RANCANG BANGUN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Gaya dorong pada mesin pesawat diukur dengan cara menentukan rasio antara tekanan pada Engine Exhaust dan Engine Inlet. Rasio tekanan tersebut disebut dengan Engine Pressure Ratio (EPR). Mesin pesawat dirancang dengan limitasi tekanan yang akan dihasilkan. EPR merupakan salah satu indikator primer hampir di seluruh pesawat jet. Indikasi dari gaya dorong ini memiliki peranan penting dalam perhitungan kinerja pesawat dalam melakukan lepas landas yang merupakan bagian dari Critical Eleven. Oleh karena hal tersebut, Laporan Akhir ini bertujuan merancang,mempelajari sistem kerja dan mengetahui kinerja dari sebuah alat yang berupa simulator sistem Engine Pressure Ratio (EPR) berbasis mikrokontroler. Simulator sistem EPR ini dirancang menggunakan 3 jenis Fan Blade yang berbeda. Berdasarkan pengujian alat yang telah dilakukan dengan cara melakukan pengukuran data yang berupa tegangan, arus, kecepatan putaran dari Fan Balde, tekanan udara Engine Exhaust, tekanan udara Engine Inlet, nilai EPR dan perhitungan konsumsi daya masing-masing Fan Blade. Perhitungan nilai error juga dilakukan dengan cara membandingkan hasil pengukuran oleh simulator dengan hasil pengukuran oleh alat ukur yang berupa avometer dan tachometer. Kesimpulan dari hasil pengujian alat adalah penambahan jumlah Blade pada Fan memengaruhi kinerja dari alat simulator. Fan 3 Blade memiliki kinerja paling baik yang diketahui berdasarkan tingkat konsumsi daya pada Fan 3 Blade paling rendah dan menghasilkan tekanan udara pada Engine Exhaust terbesar dibandingkan kedua Fan Blade lainnya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gaya dorong, Engine Pressure Ratio, Fan Blade
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 30 May 2023 05:43
Last Modified: 30 May 2023 05:43
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13762

Actions (login required)

View Item View Item