FARHAN, MUHAMMAD (2022) RANCANG BANGUN SIMULATOR SISTEM ENGINE PRESSURE RATIO (EPR) BERBASIS MIKROKONTROLER. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
COVER.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III RANCANG BANGUN)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV ANALISA DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (107kB) | Preview |
Abstract
Gaya dorong pada mesin pesawat diukur dengan cara menentukan rasio antara tekanan pada Engine Exhaust dan Engine Inlet. Rasio tekanan tersebut disebut dengan Engine Pressure Ratio (EPR). Mesin pesawat dirancang dengan limitasi tekanan yang akan dihasilkan. EPR merupakan salah satu indikator primer hampir di seluruh pesawat jet. Indikasi dari gaya dorong ini memiliki peranan penting dalam perhitungan kinerja pesawat dalam melakukan lepas landas yang merupakan bagian dari Critical Eleven. Oleh karena hal tersebut, Laporan Akhir ini bertujuan merancang,mempelajari sistem kerja dan mengetahui kinerja dari sebuah alat yang berupa simulator sistem Engine Pressure Ratio (EPR) berbasis mikrokontroler. Simulator sistem EPR ini dirancang menggunakan 3 jenis Fan Blade yang berbeda. Berdasarkan pengujian alat yang telah dilakukan dengan cara melakukan pengukuran data yang berupa tegangan, arus, kecepatan putaran dari Fan Balde, tekanan udara Engine Exhaust, tekanan udara Engine Inlet, nilai EPR dan perhitungan konsumsi daya masing-masing Fan Blade. Perhitungan nilai error juga dilakukan dengan cara membandingkan hasil pengukuran oleh simulator dengan hasil pengukuran oleh alat ukur yang berupa avometer dan tachometer. Kesimpulan dari hasil pengujian alat adalah penambahan jumlah Blade pada Fan memengaruhi kinerja dari alat simulator. Fan 3 Blade memiliki kinerja paling baik yang diketahui berdasarkan tingkat konsumsi daya pada Fan 3 Blade paling rendah dan menghasilkan tekanan udara pada Engine Exhaust terbesar dibandingkan kedua Fan Blade lainnya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya dorong, Engine Pressure Ratio, Fan Blade |
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Electrical Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
Date Deposited: | 30 May 2023 05:43 |
Last Modified: | 30 May 2023 05:43 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13762 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |