PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA JALAN SIMPANG AIR DINGIN – APAGAR ALAM STA 13+700 – STA 18+900 PROVINSI SUMATERA SELATAN

WARDANA, M.FAUZI DAFFA (2023) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA JALAN SIMPANG AIR DINGIN – APAGAR ALAM STA 13+700 – STA 18+900 PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPT PERPUSTAKANPOLSRI.

[img]
Preview
Text
1COVER.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (104kB) | Preview
[img] Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB III PERHITUNGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 4 MANAJEMEN PROYEK)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Jalan memegang peranan penting dalam bidang masyarakat, ekonomi, politik, strategi/militer dan budaya. Kondisi jalan dan jaringan jalan dapat dijadikan parameter kemajuan budaya dan ekonomi suatu bangsa. Mengingat kondisi fasilitas jalan saat ini, faktor alam dan faktor manusia lebih banyak menyebabkan kerusakan kendaraan, sehingga perlu dikembangkan atau diperbaiki untuk memenuhi kebutuhan lalu lintas yang lebih tinggi. Dalam usaha memperlancar lalu lintas di daerah yang telah berkembang, pemerintah Sumatera Selatan melakukan pelaksanaan proyek pembangunan jalan penghubung melalui Dinas PU Bina Marga pada proyek Jalan Simpang Air Dingin - PagarAlam. Data – data perencanaan yang penulis dapat untuk penyusunan Laporan Akhir ini diperoleh dari Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumatera Selatan. Data – data yang didapat meliputi data harga satuan/harga sewa alat berat, data California Bearing Ratio (CBR), dan data lalu lintas harian rata rata (LHR). Jumlah LHR dalam smp adalah 3.404.345 smp/hari. Pada jalan ini direncanakan terdapat 5 tikungan, 2 buah tikungan Spiral - Circle – Spiral (SCS), 1 buah tikungan Full Circle (FC) dan 2 buah tikungan 2 Spiral – Spiral (SS). Besar Volume pekerjaan galiannya sebesar 272.887,00 m3 dan volume pekerjaan timbunan sebesar 128.538,00 m3. Tebal perkerasan lentur yang didapat yaitu Lapis AC-WC adalah 4 cm, untuk tebal lapis AC - BC adalah 6 cm, AC-Base adalah 7 cm, tebal lapisan bahu jalan menggunakan lapis agregat kelas A 19,5 cm, dan lapis agregat kelas S 12,5 cm. CBR tanah dasar adalah 18,86%. Pembangunan jalan ini diperlukan dana sebesar 41.900.000.000,00 ( Empat Puluh Satu Milyar Sembilan Ratus Juta) dengan waktu pelaksanaan kerja 126 hari. Dalam merencanakan jalan raya harus direncanakan sesuai fungsi atau kegunaan jalan tersebut dan harus mengacu pada pedoma Manual Desain Pekerjan Jalan. Dalam Penentuan trase jalan, hendaknya trase jangan terlalu banyak memotong kontur sehingga jalan yang akan direncakan tidak terlalu mendaki atau menurun, sehingga dapat lebih ekonomis namun tetap aman. Dalam menghitung Rencana Anggaran Biaya haruslah menggunakan daftar harga yang terbaru dan dikeluarkan oleh dinas PU Bina Marga didaerah dimana proyek tersebut berlangsung.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Rencana Anggaran Biaya haruslah menggunakan daftar harga yang terbaru dan dikeluarkan oleh dinas PU Bina Marga didaerah dimana proyek tersebut berlangsung
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 23 Sep 2024 02:46
Last Modified: 23 Sep 2024 02:46
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15550

Actions (login required)

View Item View Item