Pratama, Muhammad Agung (2023) PERANCANGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN BATAS KABUPATEN MUSI BANYUASIN – MUARA BELITI STA 29+200 – 34+700 PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPT PERPUSTAKANPOLSRI.
![]() |
Text
a. File Halaman Depan (Cover).pdf Download (1MB) |
|
![]() |
Text
b. File BAB I Pendahuluan.pdf Download (265kB) |
|
|
Text
c. File BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text
d. File BAB III Perhitungan Konstruksi.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
e. File BAB IV Manajemen Proyek.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text
f. File BAB V Penutup.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text
g. File Daftar Pustaka.pdf Download (296kB) | Preview |
|
|
Text
h. File Lampiran.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan baik lokal maupun nasional. Didalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometrik dan tebal perkerasan yang baik pada Jalan Batas kabupaten Musi Banyuasin-Muara Beliti Provinsi Sumatera Selatan, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Dalam perencanaan jalan ini penulis mendesain perencanaan berdasarkan klasifikasi kelas jalan, beban lalu lintas, data tanah sebagai pendukung dan peta kontur. Didalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal-hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, kelas jalan, serta menetapkan perkerasan apa yang digunakan. Dari hasil perhitungan-perhitungan maka Jalan Batas Kabupaten Musi Banyuasin-Muara Beliti provinsi Sumatera Selatan ini merupakan jalan Arteri Kelas I dengan kecepatan rencana 80 km/jam, terdapat 2 lajur dan 2 arah dengan lebar jalan 2 x 3,5 m dan lebar bahu jalan 2 x 1,5 m. pada jalan ini menggunakan 6 buah tikungan diantaranya 2 Spiral Circle Spiral, 2 Full Circle, dan 2 Spiral-Spiral. Lapis Permukaan jalan menggunakan Lapisan AC-WC dengan tebal 40 mm, AC BC dengan tebal 60 mm, dan AC BASE dengan tebal 145 mm. Untuk Lapis Pondasi Atas menggunakan batu pecah kelas A dengan tebal 300 mm. Dan pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 214 hari kerja dengan total biaya pelaksanaan Rp 62.150.450.000,00- (Enam Puluh Dua Milyar Seratus Lima Puluh Juta Empat Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Perkerasan, Biaya Pelaksanaan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:47 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:47 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15560 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |