STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PADA NURA CATERING MELALUI PERANCANGAN PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING)

Salsilah, Halwa (2025) STRATEGI PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN PADA NURA CATERING MELALUI PERANCANGAN PEMASARAN DIGITAL (DIGITAL MARKETING). Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img] Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version

Download (786kB)
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (122kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text (SKRIPSI FULL)
SKRIPSI FULL.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kewirausahaan pada UMKM Nura Catering, dengan fokus pada pengembangan usaha melalui strategi pemasaran digital. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, yang meliputi analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) untuk mengolah data primer dari wawancara dan data sekunder dari dokumentasi, jurnal, dan buku. Pemasaran digital yang digunakan yaitu media sosial Tiktok, Instagram dan Website. Hasil analisis menunjukkan bahwa perlu memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan popularitas dan dapat bersaing dengan kompetitor. Pada BMC, Nura Catering memiliki sembilan elemen kunci, termasuk segmen pelanggan yang mencakup semua usia, proposisi nilai yang menonjolkan cita rasa dan variasi produk serta sampai elemen terakhir yaitu cost structure yaitu tagihan air, listrik, gaji karyawan, operasional kendaraan dan lainnya. Pada penelitian ini juga menemukan bahwa Nura Catering, belum mengoptimalkan pemasaran secara digital khususnya melalui media sosial. Karena itulah, rancangan digital marketing yang diusulkan mencakup penggunaan Instagram, Tiktok dan Website, dengan fokus pada konten video yang menarik bagi pengguna. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran digital yang diterapkan telah berhasil menjangkau dan membangun audiens yang relevan, serta menunjukkan loyalitas terhadap konten yang kami sajikan. Sebagian besar audiens berasal dari wilayah Palembang, dengan karakteristik demografi yang bervariasi di setiap platform. Pada TikTok, mayoritas pengguna adalah perempuan muda, sementara di Instagram, dominasi terdapat pada laki-laki muda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Nura Catering, Digital Marketing, Tiktok, Instagram, Website
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: dinda a.p Pustaka Adm Bisnis
Date Deposited: 15 Aug 2025 01:41
Last Modified: 15 Aug 2025 01:41
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/17734

Actions (login required)

View Item View Item