Umami, Rizkia (2025) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA PADA AK LAUNDRY. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (744kB) | Preview |
|
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (189kB) |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (338kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (686kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (636kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (125kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha pada AK Laundry, sebuah UMKM jasa laundry yang berlokasi di Kota Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus, serta menerapkan analisis SWOT dan Business Model Canvas (BMC) untuk mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman yang dihadapi, serta memetakan elemen-elemen utama model bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa AK Laundry berada pada kuadran I SWOT, yang menunjukkan posisi strategis untuk pertumbuhan agresif dengan memanfaatkan kekuatan internal seperti lokasi strategis, layanan antar-jemput, dan hubungan baik dengan pelanggan untuk memperoleh peluang pasar yang terus berkembang. Dari aspek produksi, usaha ini telah menerapkan alur kerja yang sistematis, namun perlu perbaikan dari sisi efisiensi ruang dan penambahan mesin. Secara keuangan, usaha ini layak dikembangkan dengan nilai NPV sebesar Rp72.029.451, IRR 62,77%, dan PI 2,200. Di sisi sumber daya manusia, tingginya tingkat turnover menjadi tantangan yang dapat berdampak pada kualitas layanan. Sedangkan dari aspek pemasaran, kegiatan promosi digital melalui Instagram belum dilakukan secara konsisten, sehingga perlu penguatan saluran distribusi digital dan strategi komunikasi pelanggan. Berdasarkan temuan ini, strategi pengembangan yang disarankan adalah kombinasi antara diferensiasi layanan, peningkatan promosi digital, dan penguatan hubungan pelanggan untuk meningkatkan daya saing di tengah kompetitor yang terus bertambah.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Strategi Pengembangan, SWOT, Business Model Canvas, UMKM, Laundry |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Business Administration > Undergraduate Theses |
Depositing User: | dinda a.p Pustaka Adm Bisnis |
Date Deposited: | 15 Aug 2025 16:24 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 16:24 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18437 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |