Aprilia, Ayu and Azlin, Maharani (2025) PERANCANGAN GEOMETRIK JALAN RIGID PAVEMENT JALAN TOL KAYU AGUNG – PALEMBANG – BETUNG STA 55+300 – STA 60+300. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
![]() |
Text (COVER)
COVER.docx - Published Version Download (441kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx - Published Version Download (11kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB 1 PENDAHULUAN.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3 PERHITUNGAN KONSTRUKSI.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (653kB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4 MANAJEMEN PROYEK.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB 5 KESIMPULAN DAN SARAN.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (40kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Perancangan geometrik jalan merupakan salah satu aspek krusial dalam pembangunan infrastruktur transportasi, khususnya jalan tol. Jalan Tol Kayu Agung – Palembang – Betung memiliki peran strategis dalam meningkatkan konektivitas dan efisiensi distribusi barang serta mobilitas masyarakat di Provinsi Sumatera Selatan. Pada ruas STA 55+300 hingga STA 60+300, dilakukan perancangan geometrik jalan rigid pavement untuk memastikan jalan yang dibangun memenuhi standar keamanan, kenyamanan, dan efisiensi sesuai ketentuan yang berlaku. Proses perancangan ini melibatkan beberapa tahapan penting, yaitu pengumpulan dan analisis data topografi, data lalu lintas, dan data tanah, yang kemudian digunakan sebagai dasar dalam penyusunan desain geometrik jalan. Perancangan meliputi penentuan trase jalan, alinyemen horizontal dan vertikal, pelebaran jalan pada tikungan, perhitungan jari-jari tikungan, superelevasi, serta perencanaan kelandaian maksimum dan minimum. Selain itu, dilakukan pula perhitungan tebal perkerasan rigid pavement dengan mempertimbangkan karakteristik lalu lintas, daya dukung tanah, dan umur rencana perkerasan. Tidak hanya itu, dalam perancangan ini juga disusun rencana anggaran biaya (RAB) dan jadwal pelaksanaan proyek yang mencakup perhitungan volume pekerjaan, pemilihan alat berat, analisis harga satuan pekerjaan, serta penyusunan time schedule menggunakan metode network planning. Perencanaan ini bertujuan untuk memastikan pelaksanaan proyek berjalan tepat waktu, tepat biaya, dan tepat mutu.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan Geometrik, Jalan Tol, Rigid Pavement, Jalan Kayu Agung – Palembang – Betung, Sumatera Selatan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Design Roads and Bridges > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 03:57 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 04:08 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |