Fathurrahman, Muhammad Fadhil and Setiawan, Muhammad Zamzami (2025) PERANCANGAN JEMBATAN AIR GAUNG KECIL DENGAN SISTEM BETON PRATEGANG DI RUAS JALAN KEPAHIANG – PAGAR ALAM PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
![]() |
Text (COVER)
Cover.docx - Published Version Download (697kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
Abstrak.docx - Published Version Download (10kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (810kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN A)
LAMPIRAN A.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN B)
LAMPIRAN B.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Jembatan Air Gaung Kecil merupakan jembatan yang terletak pada ruas jalan raya Kepahiang – Pagar Alam. Jalan tersebut merupakan jalur utama penghubung Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatera Selatan khususnya Kabupaten Kepahang dan Kota Pagar Alam. Jembatan ini memiliki bentang bersih 30,6 m dan dirancang dengan girder beton prategang berpenampang I (PCI Girder). Penggunaan girder prategang PCI Girder ini dinilai lebih efisin terhadap bentang menengah dan lebih praktis dalam metode pekerjaan. Jembatan Air Gaung Kecil ini dirancang dengan memiliki lima buah girder prategang berpenampang I dengan jumah tendon sebanyak empat buah dan PC Strands sebanyak 68 buah serta segmen girder sebanyak lima segmen, dan pelat lantai dirancang dengan ketebalan 20 cm dengan mutu beton fc’30 Mpa. Struktur bawah pada jembatan ini dirancang dengan dua buah abutment di kedua sisi dan pondasi jembatan menggunakan pondasi sumuran dengan kedalaman lima meter serta diameter pondasi sebesar tiga meter. Pada bangunan pelengkap juga dirancang wing wall abutment, galian timbunan oprit jembatan serta perkerasan lentur pada oprit jembatan dan lapis aspal pada lantai jembatan setebal lima cm. Biaya yang digunakan untuk pembangunan jembatan ini yaitu sebesar Rp6.811.875.000,00 dan waktu pelaksanaan pekerjaan selama 282 hari.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jembatan, Prategag, PCI girder |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Design Roads and Bridges > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
Date Deposited: | 09 Sep 2025 04:11 |
Last Modified: | 09 Sep 2025 04:11 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18603 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |