Aldio, Adam Tubagus and Aditya, Wahyu (2025) PERANCANGAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN KAKU AKSES ALTERNATIF HARAPAN MAKMUR - SIMPANG TERAS CAMP STA 0+000 - STA 5+307 KABUPATEN MUSI RAWAS PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
![]() |
Text (COVER)
COVER.docx - Published Version Download (828kB) |
![]() |
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.docx - Published Version Download (11kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (915kB) |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.docx - Published Version Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Perancangan jalan akses alternatif Harapan Makmur – Simpang Teras Camp di Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan sepanjang 5,307 km dilakukan untuk mendukung efisiensi distribusi bibit dari Unit 15 PT Musi Hutan Persada ke kawasan operasional. Permasalahan distribusi yang kurang efesien mendorong perlunya perencanaan jalan yang mampu menunjang operasional industri secara berkelanjutan, Perancangan ini bertujuan untuk menentukan desain geometrik dan ketebalan perkerasan kaku yang sesuai dengan kondisi medan dan kebutuhan lalu lintas kendaraan berat. Metode perencanaan mengacu pada standar spesifikasi teknis Bina Marga, mencakup desain alinyemen horizontal dan vertikal, struktur perkerasan kaku tipe Beton Bertulang dengan Sambungan, serta bangunan pelengkap seperti saluran samping dan gorong-gorong (box culvert), Hasil perancangan menunjukkan bahwa jalan termasuk dalam klasifikasi jalan kolektor kelas II dengan konfigurasi dua lajur dua arah tidak terpisah (2/2-TT). Lebar perkerasan tiap lajur adalah 3,5 meter dan bahu jalan selebar 1,5 meter, masing- masing dengan kemiringan melintang 2%. Jalan ini dirancang untuk dilalui kendaraan berat dengan kecepatan rencana 60 km/jam. Pada alinyemen horizontal terdapat empat tikungan, terdiri dari dua tikungan tipe Full Circle dan dua tipe Spiral–Circle–Spiral. Alinyemen vertikal mencakup 17 lengkung, terdiri dari 9 cekung dan 8 cembung, Struktur perkerasan terdiri dari beton mutu Fs 4,5 MPa setebal 22 cm, dilapisi lantai kerja mutu Fc 11 MPa setebal 15 cm, serta fondasi bawah menggunakan agregat kelas A dan B masing-masing setebal 20 cm. Bangunan pelengkap berupa saluran samping dengan dimensi 0,5 × 1,0 meter dan box culvert tipe single berukuran 1,0 × 1,0 meter. Estimasi anggaran proyek mencapai Rp119.934.600.000,00 dengan durasi pelaksanaan selama 99 hari kerja, Perencanaan ini menghasilkan desain jalan yang memenuhi aspek teknis, fungsional, dan ekonomis, serta diharapkan dapat menjadi acuan bagi pengembangan jalan akses industri di wilayah dengan karakteristik medan serupa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jalan kolektor, Geometrik jalan, Perkerasan kaku, Bina Marga, Musi Rawas, Jalan industri |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Teknik Sipil |
Date Deposited: | 17 Sep 2025 04:02 |
Last Modified: | 17 Sep 2025 04:02 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18606 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |