Azilla, Wanda (2025) PENGEMBANGAN APLIKASI PELAPORAN DAN ASPIRASI MASYARAKAT DISABILITAS BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE RULE-BASED PADA DINAS SOSIAL PROVINSI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (Cover)
Cover.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf - Published Version Download (182kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (288kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Pengembangan aplikasi pelaporan dan aspirasi masyarakat disabilitas berbasis website menggunakan metode rule-based dilakukan untuk meningkatkan partisipasi dan inklusivitas layanan publik di Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan. Aplikasi ini dirancang sebagai solusi terhadap keterbatasan mekanisme pelaporan dan aspirasi yang belum mampu menentukan tingkat urgensi dan prioritas secara real time. Pengembangan aplikasi dilakukan menggunakan model Software Development Life Cycle (SDLC) Waterfall. Metode rule-based diterapkan untuk mengotomatisasi proses klasifikasi tingkat urgensi laporan dan tingkat prioritas aspirasi berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Selain itu, metode ini juga digunakan untuk memberikan respons otomatis melalui fitur chatbot sebagai media komunikasi interaktif. Aplikasi mendukung tiga peran utama, yaitu admin, kepala bidang, dan masyarakat, serta dilengkapi dengan fitur aksesibilitas guna mendukung prinsip inklusivitas bagi penyandang disabilitas. Hasil implementasi menunjukkan bahwa aplikasi mampu mengklasifikasikan laporan ke dalam tiga tingkat urgensi (mendesak, penting, dan normal), serta aspirasi ke dalam tiga tingkat prioritas (tinggi, sedang, dan rendah). Pengujian fungsional menggunakan metode Black-Box Testing menunjukkan bahwa seluruh fitur berjalan sesuai dengan spesifikasi. Evaluasi usability menggunakan metode System Usability Scale (SUS) menghasilkan skor rata-rata 92, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan partisipasi masyarakat dalam pelayanan publik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Aksesibilitas, Aspirasi, Disabilitas, Rule-Based, Pelaporan, Waterfall. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Informatics Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Pustaka Manajemen Informatika |
Date Deposited: | 17 Aug 2025 01:47 |
Last Modified: | 17 Aug 2025 01:47 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18703 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |