Putri, Sakila Oktarianty (2024) APLIKASI LAYANAN ASPIRASI MASYARAKAT BERBASIS WEBSITE DI BADAN PENDAPATAN DAERAH KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
COVER,HALAMAN PENGESAHAN,KATA PENGANTAR,ABSTRAK,MOTTO,DAFTAR ISI, TABEL, DAN GAMBAR.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf Download (567kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III GAMBARAN UMUM INSTANSI)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (680kB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
||
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf Download (156kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (153kB) |
||
|
Text
LISTING PROGRAM.pdf Download (324kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penulisan Laporan Akhir ini ialah untuk membuat suatu Aplikasi Layanan Aspirasi Masyarakat Berbasis Website di Badan Pendapatan Daerah Kota Palembang. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ini ialah sulitnya mengelola, menanggapi dan mengarsip data pengaduan dan tanggapan aspirasi dari masyarakat yang masuk, Aplikasi ini dapat melakukan penginputan data pengaduan, tanggapan, memberikan penilaian terhadap pelayanan yang diterima, dan dapat merekap laporan pengaduan serta bisa dicetak hasil laporannya, serta laporan ini memberikan grafik jumlah pengaduan yang masuk dan penilaian yang sudah kan kepada pelayanan di BAPENDA Kota Palembang. Proses yang digunakan untuk mendesain aplikasi ini ialah membuat aplikasi menggunakan bahasa programan PHP (Hypertext Preprocessor) dengan framework laravel serta rancangannya menggunakan Unified Modelling Language (UML), ada usecase, activity diagram, sequence diagram, dan class diagram dan serta menggunakan metode pengembangan eXtreme Programming (XP). Aplikasi dapat diakses oleh 5 entitas diantaranya Admin (Staff Pelayanan Umum), User (Kepala BAPENDA), Staff Piutang, Staff PBB, dan Masyarakat yang mempunyai hak akses masing-masing. Admin dapat melihat dan mencetak laporan pengaduan dan menginput tanggapan yang bersifat umum, Staff Piutang dan PBB hanya mengelola data pengaduan dan tanggapan, Kepala BAPENDA dapat melihat dan mencetak laporan pengaduan dan mengelola data user, dan Masyarakat yang dapat menginput data pengaduan dan memberikan pelayanan dalam bentuk angka. Dengan dibuatnya aplikasi ini dapat meringankan dan mempermudah dalam mengelola data pengaduan masyarakat di Badan Pendapatan Daerah Kota Palembang.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Layanan Aspirasi, Layanan Pengaduan, Masyarakat, dan Metode eXtreme Programming |
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Informatics Management > Undergraduate Theses |
| Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 03:54 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 03:54 |
| URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/19344 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
