PERENCANAAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN LENTUR JALAN PENGHUBUNG LAHAT-PAGAR ALAM STA 00+000-05+095 PROVINSI SUMATRA SELATAN

Hernanda, Ariel and Musabib, Absin (2025) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN LENTUR JALAN PENGHUBUNG LAHAT-PAGAR ALAM STA 00+000-05+095 PROVINSI SUMATRA SELATAN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (cover)
cover.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (927kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB)

Abstract

Jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik lokal maupun nasional. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometrik dan tebal perkerasan yang baik pada jalan penghubung lahat-pagar alam, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Dalam perencanaan jalan ini penulis mendesain perencanaan berdasarkan klasifikasi kelas jalan, beban lalu lintas, data tanah sebagai pendukung dan peta kontur. Di dalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal –hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan aliyemen horizontal, aliyemen vertikal, kelas jalan, serta menentapkan perkerasan apa yang digunakan. Dari hasil perhitungan- perhitungan maka jalan penghubung lahat-pagar alam ini merupakan jalan kolektor rular kelas II B dengan kecepatan rencana 60 km/jam, terdapat 2 lajur dan 2 arah dengan lebar jalan 2 x 3 m, dan lebar bahu jalan 2 x 1 m. Pada jalan ini menggunakan 6 buah tikungan diantarannya, 3 Full Circle, dan 3 Spiral Circle-Spiral. Lapis permukaan jalan menggunakan lapisan AC-WC dengan tebal 40 mm, AC-BC dua lapis dengan masing masing ketebalan 65 mm dan 80 mm. Untuk lapis pondasi atas menggunakan batu pecah kelas A dengan Tebal 200 mm. batu pecah kelas B Tebal 150mm Dan pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 153 hari kerja dengan total biaya pelaksanaan Rp. 40,309.593.330(empat puluh miliar tiga ratus Sembilan juta lima ratus Sembilan puluh tiga ribu tiga ratus tiga puluh rupiah). Kata kunci:Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Perkerasan,Biaya Pelaksanaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Perkerasan,Biaya Pelaksanaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Journal
Depositing User: Pustaka Teknik Sipil
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:17
Last Modified: 06 Nov 2025 08:17
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/21151

Actions (login required)

View Item View Item