PENGGUNAAN DC-DC BUCK BOOST CONVERTER SEBAGAI SISTEM CHARGING BATERAI BERBASIS MIKROKONTROLER PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO

Farhan, Radi (2020) PENGGUNAAN DC-DC BUCK BOOST CONVERTER SEBAGAI SISTEM CHARGING BATERAI BERBASIS MIKROKONTROLER PADA PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO. Other thesis, POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan energi listrik semakin hari semakin meningkat. Maka dari itu diperlukan sumber energiterbarukanyangdapatmemenuhikebutuhanmasyarakat.Salahsatuenergiterbarukanyangada di Indonesia adalah air. Contohnya sumber air yang berasal dari lahan pertanian tentunya terdapat irigasi sawah yang mengairi lahan pertanian tersebut. Lalu saluran dam yang dibangun dengan membendung sungai kecil atau selokan alami dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga piko hidro. Air yang mengalir akan melewati dan memutar turbin air yang dikopel dengan generator dc permanen magnet sehingga menyebabkan generator dc permanen magnet berputar dan menghasilkan energi listrik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menstabilkan tegangan keluaran yang dihasilkan oleh generator dc magnet permanen agar dapat mengisi baterai dan dijadikan sebagai sumber energilistrik. Pada laporan akhir ini menggunakan rangkaian buck boost converter sebagai sistem charging baterai yakni menstabilkan tegangan keluaran dari generator dc permanen magnet dan melakukan pengecasan aki yang dikendalikan oleh sebuah mikrokontroler. Alat ini dilengkapi dengan sensor arus dan tegangan untuk menghitung nilai arus dan tegangan yang akan diolah oleh mikrokontroler dan ditampilkan ke sebuah LCD. Hasil nilai efisiensi yang didapatkan alat untuk melakukan sistem charging pada baterai 12 volt adalah dengan sumber 14,34 V 0,24 A dari generator yang dipicu oleh debit air 10l/menit dengan 275,1 putaran pada generator sehingga alat berada pada mode buck yang menghasilkan tegangan output 13,68 V 0,2 A dengan nilai efisiensi sebesar 79,49 %.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : PLTMH, Generator dc permanen magnet, Mikrokontroler, buck boost converter, LCD, sensor arus, dan sensor tegangan.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 15 Oct 2021 08:12
Last Modified: 15 Oct 2021 08:12
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/10336

Actions (login required)

View Item View Item