PERANCANGAN DESAIN GEOMETRIK DAN PERKERASAN JALAN PULAU PANGGUNG-SEGAMIT STA 0+000-STA 5+300 KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN

Putra, Candra Agustri and Lestari, Tree (2021) PERANCANGAN DESAIN GEOMETRIK DAN PERKERASAN JALAN PULAU PANGGUNG-SEGAMIT STA 0+000-STA 5+300 KABUPATEN MUARA ENIM PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
COVER SERTA LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (807kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I Skripsi CT.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB II Skripsi cbcb.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (BAB III PERHITUNGAN DESAIN)
BAB III CT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
BAB IV CT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V Skripsi CT.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka CT.pdf

Download (340kB) | Preview

Abstract

Pembangunan jalan merupakan kebutuhan yang sangat penting. Kabupaten Muara Enim merupakan kabupaten yang terletak di Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah 20 kecamatan. Semendo Darat Ulu dan Semendo Darat Laut merupakan salah satu kecamatan yang terletak di Kabupaten Muara Enim. Berkembangnya minat masyarakat akan kopi semendo menjadikan hal ini sebagai penunjang perekonomian, maka diperlukan sarana dan prasarana yang memadai terutama jalan. Jalan yang baik dapat memudahkan aksebilitas dan mobilitas bagi pengguna jalan dan masyarakat setempat dalam pergerakan barang, jasa, dan sosial Didalam pembuatan tugas akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana perencanaan yang baik dalam merencanakan desain geometrik dan tebal perkerasan pada Jalan Pulau Panggung – Segamit STA 0+000 – STA 5+300, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan.Didalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal-hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, serta menetapkan perkerasan apa yang akan digunakan. Dari hasil perhitungan-perhitungan diatas maka Jalan Pulau Panggung-Segamit ini merupakan jalan Arteri kelas I dengan kecepatan rencana jalan 80 km/jam, dan pada jalan ini menggunakan 8 buah tikungan diantaranya, 5 Full Circle, dan 1 Spiral Circle Spiral dan 2 Spiral – Spiral. Lapisan permukaan jalan menggunakan Perkerasan Rigid dengan tebal lapisan 30.5 cm, sedangkan lapisan pondasi bawah menggunakan Lean Concrete dengan tebal 10 cm dan Agregat Kelas A dengan tebal lapisan 15 cm. Pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 165 hari kerja dengan total dana Rp. 101,359,934,000.00 (Seratus Satu Milyar Tiga Ratus Lima Puluh Sembilan Juta Sembilan Ratus Tiga Puluh Empat Ribu Rupiah)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Jalan, Desain Geometrik, Tebal Perkerasan Kaku
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 18 Jan 2023 03:22
Last Modified: 18 Jan 2023 03:22
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/11776

Actions (login required)

View Item View Item