Nasution, Afriyandin Mora and Pratama, M. Akbar Ghufran (2022) ANALISA PELAYANAN PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) PADA RUAS JALAN KH. WAHID HASYIM PALEMBANG. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
COVER LA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I LA.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
Bab II LA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III LA.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV LA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V LA.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA LA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
Lajunya pertumbuhan kendaraan di Kota Palembang yang begitu pesat mengakibatkan kemacetan lalu lintas di beberapa ruas jalan, terutama jalan KH. Wahid Hasyim di Palembang. Keberadaan putar balik arah (U-Turn) di sinyalir sebagai penyebab kemacetan terutama di jam-jam sibuk. Banyaknya kendaraan yang memutar balik dan meningkatnya volume kendaraan membuat antrian kendaraan semakin panjang. Oleh karena itu dilakukan penelitian terhadap pelayanan putar balik arah (U-Turn) ada ruas jalan KH. Wahid Hasyim Palembang. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi arus lalu lintas akibat u-turn dan antrian yang terjadi akibat kendaraan yang bermanuver. Penelitian dilakukan dengan cara survei langsung dilapangan, pengukuran geometrik, pengamatan arus lalu lintas dan durasi manuver gerakan u-turn. Dalam menentukan tingkat pelayanan ruas jalan KH. Wahid Hasyim digunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan untuk tingkat pelayanan u-turn di gunakan metode antrian FIFO. Dari hasil analisa data perhitungan diperoleh tingkat pelayanan ruas jalan KH. Wahid Hasyim yaitu level F, arus tertahan (macet), kecepatan perjalanan rata-rata ≤ 15 km/jam, V/C ratio > 1. Dan tingkat pelayanan untuk fasilitas u-turn yaitu > 1,0 yang berarti terjadi antrean yang menyebabkan hambatan atau bahkan terjadi kemacetan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | u-turn, volume kendaraan, tingkat pelayanan, kemacetan, antrean. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
Date Deposited: | 10 Jun 2023 01:58 |
Last Modified: | 10 Jun 2023 01:58 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13836 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |