ANALISA PELAYANAN PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) PADA RUAS JALAN KH. WAHID HASYIM PALEMBANG

Nasution, Afriyandin Mora and Pratama, M. Akbar Ghufran (2022) ANALISA PELAYANAN PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) PADA RUAS JALAN KH. WAHID HASYIM PALEMBANG. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
COVER LA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I LA.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
Bab II LA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III LA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN)
BAB IV LA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V LA.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA LA.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Lajunya pertumbuhan kendaraan di Kota Palembang yang begitu pesat mengakibatkan kemacetan lalu lintas di beberapa ruas jalan, terutama jalan KH. Wahid Hasyim di Palembang. Keberadaan putar balik arah (U-Turn) di sinyalir sebagai penyebab kemacetan terutama di jam-jam sibuk. Banyaknya kendaraan yang memutar balik dan meningkatnya volume kendaraan membuat antrian kendaraan semakin panjang. Oleh karena itu dilakukan penelitian terhadap pelayanan putar balik arah (U-Turn) ada ruas jalan KH. Wahid Hasyim Palembang. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi arus lalu lintas akibat u-turn dan antrian yang terjadi akibat kendaraan yang bermanuver. Penelitian dilakukan dengan cara survei langsung dilapangan, pengukuran geometrik, pengamatan arus lalu lintas dan durasi manuver gerakan u-turn. Dalam menentukan tingkat pelayanan ruas jalan KH. Wahid Hasyim digunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) dan untuk tingkat pelayanan u-turn di gunakan metode antrian FIFO. Dari hasil analisa data perhitungan diperoleh tingkat pelayanan ruas jalan KH. Wahid Hasyim yaitu level F, arus tertahan (macet), kecepatan perjalanan rata-rata ≤ 15 km/jam, V/C ratio > 1. Dan tingkat pelayanan untuk fasilitas u-turn yaitu > 1,0 yang berarti terjadi antrean yang menyebabkan hambatan atau bahkan terjadi kemacetan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: u-turn, volume kendaraan, tingkat pelayanan, kemacetan, antrean.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Civil Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr M. Tommy Trianda
Date Deposited: 10 Jun 2023 01:58
Last Modified: 10 Jun 2023 01:58
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/13836

Actions (login required)

View Item View Item