Pratama, Alga Nogie (2023) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR JALAN BATAS KABUPATEN MUSI BANYUASIN - MUARA BELITI STA 49+300 - 54+500 PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPT PERPUSTAKANPOLSRI.
|
Text
COVER_FAJRI ALGA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I_FAJRI ALGA.pdf Download (389kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
BAB II_FAJRI ALGA.pdf Download (2MB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III PERHITUNGAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN)
BAB III_FAJRI ALGA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
BAB IV_FAJRI ALGA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
BAB V_FAJRI ALGA.pdf Download (408kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA_FAJRI ALGA.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN_FAJRI ALGA.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi baik lokal maupun nasional. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometrik dan tebal perkerasan yang baik pada jalan batas Kabupaten Musi Banyuasin – Muara Beliti Provinsi Sumatera Selatan, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Dalam perencanaan jalan ini penulis mendesain perencanaan berdasarkan klasifikasi kelas jalan, beban lalu lintas, data tanah sebagai pendukung dan peta kontur. Di dalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal –hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan aliyemen horizontal, aliyemen vertikal, kelas jalan, serta menentapkan perkerasan apa yang digunakan. Dari hasil perhitungan- perhitungan maka jalan batas Kabupaten Musi Banyuasin – Muara Beliti Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan jalan Arteri kelas I dengan kecepatan rencana 60 km/jam, terdapat 2 lajur dan 2 arah dengan lebar jalan 2 x 3,5 m, dan lebar bahu jalan 2 x 1,5 m. Pada jalan ini menggunakan 6 buah tikungan diantarannya 2 Spiral- Spiral, 2 Full Circle, dan 2 Spiral-Circle-Spiral. Lapis permukaan jalan menggunakan lapisan AC-WC dengan tebal 40 mm, AC-BC dengan tebal 60 mm, dan AC-BASE dengan tebal 160 mm. Untuk lapis pondasi atas menggunakan batu pecah kelas A dengan Tebal 150 mm. Dan pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 131 hari kerja dengan total biaya pelaksanaan Rp. 62.252.387.000,00 (Enam Puluh Dua Milyar Dua Ratus Lima Puluh Dua Juta Tiga Ratus Delapan Puluh Tujuh Ribu Rupiah).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Perkerasan,Biaya Pelaksanaan. |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:46 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15552 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |