STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM PENJUALAN PEMPEK KANDO DI JAKARTA MELALUI E-COMMERCE

APRINALDI, M. GABRIEL (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM PENJUALAN PEMPEK KANDO DI JAKARTA MELALUI E-COMMERCE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN (COVER).pdf

Download (917kB) | Preview
[img] Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB III Keadaan Umum Usaha.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img]
Preview
Text
BAB V Kesimpulan Dan Saran.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Adanya persaingan yang ketat membuat perubahan preferensi konsumen yang lebih memilih pembelian pempek secara online daripada secara langsung ke toko fisik. Kemajuan tersebut dapat dilihat dari adopsi teknologi e-commerse yang memungkinkan konsumen di luar kota untuk membeli pempek dari Palembang secara online. Dengan adanya e-commerce usaha pempek dapat memanfaatkan platfrom online untuk mempromosikan berbagai varian pempek, dan memfasilitasi proses mereka dalam pembelian secara mudah dan cepat. Pempek kando menjual pempek dalam bentuk frozen food yang mendistribusikan rangkaian menu pempek di seluruh Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing UMKM pempek Kando di Jakarta khususnya dalam volume penjualan dan promosi pada produk pempek kando. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, sumber data penelitiannya adalah sumber data primer dan sekunder, jumlah narasumber yang dilibatnya yaitu 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa strategi yang perlu dilakukan oleh Toko Pempek Kando dalam meningkatkan daya saing dan penjualan produk-produknya yaitu dengan memaksimalkan tools iklan pada media sosial seperti Instagram ads, Tiktok ads, SEO ataupun copywriting dalam membangun komunikasi di media sosial, mengeluarkan budget lebih besar untuk melakukan promosi di luar e-commerce Shopee, menciptakan value yang berbeda dari pesaing lama seperti menjalin komunikasi dengan para pelanggan Pempek Kando.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, UMKM, SWOT, E-Commerce
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 07 Jul 2025 23:17
Last Modified: 07 Jul 2025 23:17
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item