APRINALDI, M. GABRIEL (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING UMKM PENJUALAN PEMPEK KANDO DI JAKARTA MELALUI E-COMMERCE. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
HALAMAN DEPAN (COVER).pdf Download (917kB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (515kB) |
|
![]() |
Text
BAB II Tinjauan Pustaka.pdf Download (526kB) |
|
![]() |
Text
BAB III Keadaan Umum Usaha.pdf Restricted to Repository staff only Download (733kB) |
|
![]() |
Text
BAB IV Hasil Dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (748kB) |
|
|
Text
BAB V Kesimpulan Dan Saran.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (410kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Adanya persaingan yang ketat membuat perubahan preferensi konsumen yang lebih memilih pembelian pempek secara online daripada secara langsung ke toko fisik. Kemajuan tersebut dapat dilihat dari adopsi teknologi e-commerse yang memungkinkan konsumen di luar kota untuk membeli pempek dari Palembang secara online. Dengan adanya e-commerce usaha pempek dapat memanfaatkan platfrom online untuk mempromosikan berbagai varian pempek, dan memfasilitasi proses mereka dalam pembelian secara mudah dan cepat. Pempek kando menjual pempek dalam bentuk frozen food yang mendistribusikan rangkaian menu pempek di seluruh Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan daya saing UMKM pempek Kando di Jakarta khususnya dalam volume penjualan dan promosi pada produk pempek kando. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode studi kasus, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif, sumber data penelitiannya adalah sumber data primer dan sekunder, jumlah narasumber yang dilibatnya yaitu 5 orang. Berdasarkan hasil penelitian di atas bahwa strategi yang perlu dilakukan oleh Toko Pempek Kando dalam meningkatkan daya saing dan penjualan produk-produknya yaitu dengan memaksimalkan tools iklan pada media sosial seperti Instagram ads, Tiktok ads, SEO ataupun copywriting dalam membangun komunikasi di media sosial, mengeluarkan budget lebih besar untuk melakukan promosi di luar e-commerce Shopee, menciptakan value yang berbeda dari pesaing lama seperti menjalin komunikasi dengan para pelanggan Pempek Kando.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran, UMKM, SWOT, E-Commerce |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Administration > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 23:17 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 23:17 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |