PERANCANGAN PLATFORM MEDIA INFORMASI BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA CAKE BY TRI PALEMBANG

CINDO, SABRINA TIARA (2024) PERANCANGAN PLATFORM MEDIA INFORMASI BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PROMOSI PADA CAKE BY TRI PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf

Download (824kB) | Preview
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
BAB II.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB III GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V.pdf

Download (143kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Laporan Akhir ini merancang media informasi berbasis website untuk Cake By Tri Palembang menggunakan Google Site sebagai media promosi, guna memudahkan konsumen mendapatkan informasi produk. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pemilik, sedangkan data sekunder meliputi laporan penjualan, survei Instagram, dan analisis keterlibatan. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Permasalahaan yang dihadapi oleh Cake By Tri dalam promosi melalui Instagram menunjukkan bahwa tidak adanya informasi detail terkait harga dan jenis kue, sehingga calon konsumen sering bertanya di kolom komentar. Namun, pemilik tidak dapat merespons karena kesibukannya, dan jangkauan promosi di Instagram rendah, dengan 88 interaksi dan 2.603 aktivitas profil dari 11.138 pengikut, serta volume penjualan menurun 46,56% dalam tiga tahun terakhir. Untuk mengatasi masalah ini, penulis merancang Media Informasi Berbasis Website. Berdasarkan penelitian, sebanyak 98% pengikut Instagram mendukung keberadaan website karena dapat memuat informasi harga dan jenis kue. Informasi terkait harga dan jenis kue disediakan di halaman "Our Product" yang dapat diakses online 24 jam. Satu minggu setelah peluncuran website, akun Instagram Cake By Tri Palembang mengalami peningkatan interaksi menjadi 728 akun, aktivitas profil menjadi 21.648, dan kunjungan website sebanyak 2.841 pengunjung. Volume penjualan meningkat dari rata-rata 22 kue per minggu menjadi 74 kue per minggu. Berdasarkan hasil positif ini, Cake By Tri Palembang perlu menjaga website dengan memastikan tombol dan halaman tetap responsif, memperbarui konten secara rutin, serta menggunakan Instagram Stories dan Bio Instagram untuk membagikan tautan website agar calon konsumen mengetahui bahwa ada media informasi berbasis website yang bisa dikunjung

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Website, Google Site, Promosi, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 29 Jul 2025 15:54
Last Modified: 29 Jul 2025 15:54
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16622

Actions (login required)

View Item View Item