RANCANG BANGUN AIRSPEED INDIKATOR PADA WIND TUNNEL MENGGUNAKAN SENSOR TEKANAN UDARA

WINATA, BRENDA MEIRIANI (2019) RANCANG BANGUN AIRSPEED INDIKATOR PADA WIND TUNNEL MENGGUNAKAN SENSOR TEKANAN UDARA. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text (COVER)
FILE I.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
FILE II.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
FILE III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB III PERANCANGAN ALAT)
FILE IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV PEMBAHASAN)
FILE V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (288kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN 63)
FILE VI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
FILE VII.pdf

Download (136kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang airspeed merupakan sebuah pengembangan terknologi dalam dunia aviasi. Hasil dari berbagai eksperimen telah banyak digunakan untuk membuat airspeed indikator sesuai dengan penggunaannya. Airspeed indikator adalah sebuah flight instrument yang digunakan untuk melihat kecepatan udara pada pesawat, airspeed indikator digunakan untuk menentukan kapan kondisi pesawat harus mengoperasikan flap, cruise, dan sebagai tanda peringatan batas airspeed yaitu Never Exceed Speed (VNE). Pembuatan alat airspeed indikator memerlukan wind tunnel sebagai alat simulasi penghasil angin buatan untuk meletakkan alat pitot tube pada bagian test section dari wind tunnel. Sehingga pitot tube dapat menjadi media inputan tekanan udara yang terhubung juga ke sensor MPXV7002dp. Sensor MPXV7002dp akan membaca data tekanan udara dan akan mengonversinya menjadi tegangan. Data tegangan akan menjadi inputan ke mikrokontroler dan akan dikonversi menjadi data airspeed yang kemudian tertampil pada LCD. Dari percobaan yang telah dilakukan, menunjukkan hasil bahwa perubahan signifikan dalam temperatur dapat membuat pengukuran sensor terhadap airspeed akan mudah terjadi kesalahan karena pengaruh perubahan temperatur terhadap perubahan tekanan yang terukur pada sensor MPXV7002dp. Dan data airspeed dari alat simulasi airspeed indikator yang dibuat memiliki perbedaan diantara pengukuran dan perhitungan airspeed rata-rata sebesar 0,03%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Airspeed Indicator, Pitot Tube, Wind Tunnel, Mikrokontroler, Sensor MPXV7002dp
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Electrical Engineering > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 20 Aug 2021 03:45
Last Modified: 20 Aug 2021 03:45
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/7881

Actions (login required)

View Item View Item