ANALISIS STRATEGI PENJUALAN SONGKET SEBAGAI SOUVENIR KHAS PALEMBANG (STUDI KASUS PENGRAJIN SONGKET HJ. CEK ONAH PALEMBANG)

Rosvianti, Laila (2022) ANALISIS STRATEGI PENJUALAN SONGKET SEBAGAI SOUVENIR KHAS PALEMBANG (STUDI KASUS PENGRAJIN SONGKET HJ. CEK ONAH PALEMBANG). Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I PENDAHULUAN)
2 BAB I.pdf

Download (499kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II LANDASAN TEORI)
3 BAB II.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
4 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
5 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
6 BAB V.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upaya meningkatkan penjualan kain songket dan cenderamata berbahan dasar songket sebagai souvenir khas Palembang di Pengrajin Songket Hj. Cek Onah Palembang. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan analisis SWOT. Peneliti menggunakan rumus Roscoe dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT serta matriks internal dan eksternal. Berdasarkan hasil analisis SWOT, strategi penjualan songket dan cenderamata berbahan dasar songket sebagai souvenir khas Palembang berada pada posisi kuadran II, posisi ini menggunakan strategi diversifikasi, yaitu meskipun menghadapi berbagai ancaman Pengrajin songket Hj. Cek Onah masih memiliki kekuatan dari segi internal. Strategi yang harus diterapkan adalah menggunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang jangka panjang. Adapun strategi alternatifnya adalah strategi S-T: meningkatkan peran asosiasi melalui kesamaan visi dan komitmen kerjasama antar pelaku usaha, terus melakukan promosi yang menarik melalu sosial media dengan memanfaatkan jenis dan motif kain songket yang bermacam-macam, pemasaran dapat dilakukan dengan bantuan pembeli (konsumen) dan pemasok kain (produsen) yang memiliki hubungan baik, meningkatkan relasi atau mempererat hubungan dengan pihak pemasok bahan baku serta menawarkan pihak pemasok untuk menjadi sponsorship sewaktu-waktu hendak mengadakan suatu event.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penjualan, Analisis SWOT, Pengrajin Songket Hj. Cek Onah
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Management > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 27 Jan 2023 08:16
Last Modified: 27 Jan 2023 08:16
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12268

Actions (login required)

View Item View Item