ABDURRAHMAN, MOHAN (2022) ANALISIS SEMIOTIKA FOTOGRAFI PERJALANAN OBJEK WISATA RELIGI ISLAMI DI KOTA PALEMBANG. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
Cover Skripsi Analisis Semiotika.pdf Download (285kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
BAB 1 Analisis Semiotika.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II Tinjauan Pustaka)
BAB II Skripsi Analisis Semiotika.pdf Download (184kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III METODOLOGI PENELITIAN)
BAB III Skripsi Analisis Semiotika.pdf Restricted to Repository staff only Download (123kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
BAB IV Skripsi Analisis Semiotika.pdf Restricted to Repository staff only Download (546kB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
BAB V Kesimpulan dan Saran.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA Semiotika.pdf Download (34kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengambil judul Analisis semiotika fotografi perjalanan objek wisata religi Islam di kota Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna denotatif yang terkandung dalam foto wisatawan dan fotografer; selain itu untuk mengetahui makna konotatif dalam foto yang sudah didokumentasikan oleh wisatawan dan fotografer di wisata religi Islam di Palembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik analisis pendekatan Roland Barthes, dengan 3 tahapan yaitu analisis makna denotasi, makna konotasi, serta mitologi. Informan kunci yang sekaligus pemilik akun yaitu 4 akun Instagram, 2 akun Facebook, dan fotografer profesional dibidang jurnalistik. Hasil yang didapat yaitu 4 pengguna akun Instagram memiliki posisi ataupun angle masing-masing dalam hal berfoto dan masing-masing berfoto di tempat yang berbeda. Sedangkan kedua pengguna akun Facebook menyukai interior dan eksterior dari masjid Sultan Mahmud Badaruddin. Alasan fotografer mengambil foto di wisata religi yaitu memperkenalkan masjid At-Taqwa dan Bayt Al-Qur’an Al-Akbar kepada wisatawan lokal dan wisatawan luar. Saran untuk ke 4 akun Instagram adalah mencari tempat foto atau ikonik tempat wisata yang akan dikunjugi untuk didokumentasikan dan menambah lokasi ataupun caption untuk memberitahukan kepada orang yang melihat Instagram tersebut dan memperjelas makna foto yang bersangkutan, dan foto kedua Facebook tersebut berlokasi yang sama walaupun angle yang berbeda. Tetapi tidak semua viewers memahami yang berhubungan dengan objek foto tersebut. Sehingga disarankan untuk kedua akun Facebook tersebut lebih memperjelas dalam pengambilan foto dari sisi yang menampilkan nama objek wisata religi yang dijadikan latar dari foto.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fotografi perjalanan, fotografi, wisata religi islami, semiotika Roland Barthes |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Management > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr M. Tommy Trianda |
Date Deposited: | 06 Feb 2023 08:58 |
Last Modified: | 06 Feb 2023 08:58 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/12670 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |