AHSAN, AHMAD ZIKRI (2023) PERANCANGAN UI/UX SISTEM INFORMASI JURUSAN TEKNIK KOMPUTER POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING BERBASIS MOBILE. Other thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
Bagi Cover, Lembar Pengesahan, Lembar Penguji Zikri.pdf Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (271kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB III Metodologi Penelitian)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV Hasil dan Pembahasan)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran Hasil Uji Instrumen penelitian.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran Kuesioner.pdf Download (675kB) | Preview |
|
![]() |
Text
Lampiran Response Kuesioner.pdf Download (553kB) |
|
![]() |
Text
JURNAL Ahmad Zikri Ahsan (REVISI).pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi memiliki pengaruh yang signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, terutama di lingkungan kampus. Politeknik Negeri Sriwijaya Jurusan Teknik Komputer menyediakan sistem informasi bagi mahasiswanya. Tujuan dari layanan ini adalah untuk membantu mahasiswa dalam mengakses informasi terkait kurikulum, data pengajar, informasi mengenai jurusan, visi misi jurusan, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan perkuliahan. Namun, saat ini akses terhadap sistem informasi masih terbatas melalui website. Oleh karena itu, Jurusan Teknik Komputer berencana untuk mengembangkan aplikasi berbasis mobile. Sebelum memulai pengembangan, Jurusan Teknik Komputer ingin merancang tampilan aplikasi terlebih dahulu menggunakan metode Design Thinking. Metode ini melakukan pendekatan berbasis solusi yang akan digunakan untuk penyelesaian masalah. Hasil dari penelitian ini adalah berupa prototype aplikasi mobile sistem informasi pada jurusan teknik komputer dengan desain UI/UX yang telah dikembangkan dan disesuaikan dengan permasalahan dan kebutuhan yang ditemukan. berdasarkan analisis deskriptif didapatkan hasil rancangan aplikasi dengan kriteria berkualitas berdasarkan skor rata-rata kualitas perancangan 4,43. Serta hasil pengujian kruskal wallis didapatkan bahwa user interface dan user experience berpengaruh positif signifikan terhadap kepuasan informasi dan kepuasan pengguna, hal ini berarti bahwa jika tampilan pengguna dan pengalaman pengguna tercipta dengan baik maka akan menguatkan kepuasan pengguna dalam mencari informasi saat menggunakan aplikasi. Dengan demikian perancangan aplikasi jurusan Teknik Komputer menggunakan metode design thinking dapat memenuhi kebutuhan pengguna dalam mendapatkan informasi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Design Thinking, Antarmuka Pengguna, Pengalaman Pengguna, Perancangan Aplikasi |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Computer Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mrs Trisni Handayani |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 07:50 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 07:50 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15109 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |