Munthe, Lydia Roma Junita (2025) PERANCANGAN DESIGN PACKAGING PRODUK PADA UMKM RANTIE BAKERY PALEMBANG. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text
COVER.pdf Download (726kB) | Preview |
|
![]() |
Text (Abstrak)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (180kB) |
|
![]() |
Text (Bab I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (329kB) |
|
![]() |
Text (Bab II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
|
![]() |
Text (Bab III)
BAB III KEADAAN UMUM PERUSAHAAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
|
![]() |
Text (Bab IV)
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (Bab V)
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (159kB) |
|
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Laporan akhir ini berjudul "Perancangan Design Packaging Produk pada UMKM Rantie Bakery Palembang" yang bertujuan untuk merancang kemasan produk roti dan donat dengan memanfaatkan platform Canva. Perancangan ini dilakukan sebagai strategi untuk meningkatkan daya tarik visual produk, memperkuat identitas merek, serta mendukung pemasaran yang lebih efektif dan modern. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi langsung, dokumentasi, dan studi pustaka. Sumber data terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari pemilik UMKM Rantie Bakery dan data sekunder yang mencakup literatur, jurnal, serta dokumen pendukung lainnya. Metode perancangan mengikuti model 5 Phase of Design menurut Robin Landa, yaitu: Orientation, Analysis, Conception, Design Development, dan Implementation. Proses analisis desain dilakukan dengan menggunakan metode VIEW (Visibility, Information, Emotional Appeal, Workability) untuk menilai kekuatan dan kelemahan visual kemasan. Hasil perancangan menunjukkan bahwa desain kemasan baru lebih menarik secara visual, informatif, praktis, dan mampu menciptakan kedekatan emosional dengan konsumen. Dengan demikian, perancangan desain kemasan berbasis Canva ini dinilai mampu meningkatkan citra produk dan memperkuat daya saing UMKM Rantie Bakery di pasar lokal, sekaligus menjadi solusi kreatif yang efektif bagi UMKM dalam mengembangkan strategi visual produk UMKM Rantie Bakery Palembang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Perancangan, Packaging, UMKM, Canva, 5 Phase of Design. |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Administration > Undergraduate Theses |
Depositing User: | dinda a.p Pustaka Adm Bisnis |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:26 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:26 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |