Rinzami, Nalla (2025) PERANCANGAN VIDEO PROMOSI SEBAGAI MEDIA DAYA TARIK WISATA BUDAYA PADA BATIK KUJUR TANJUNG ENIM. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
|
Text (COVER)
COVER.pdf - Published Version Download (705kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (35kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (268kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat beragam dan potensial untuk dikembangkan sebagai daya tarik wisata. Salah satu warisan budaya tersebut adalah Batik Kujur yang berasal dari Tanjung Enim, Sumatera Selatan. Batik ini memiliki nilai historis dan filosofis tinggi, namun belum dikenal secara luas oleh masyarakat. Oleh karena itu, strategi promosi yang efektif sangat diperlukan untuk meningkatkan daya tarik dan eksistensi Batik Kujur. Penelitian ini bertujuan untuk merancang video promosi sebagai media komunikasi visual yang dapat memperkenalkan proses pembuatan, makna simbolik motif, serta peran masyarakat lokal dalam pelestarian budaya Batik Kujur. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan perancangan menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil dari perancangan ini diharapkan dapat menjadi media promosi yang efektif melalui platform digital seperti YouTube, Instagram, dan TikTok, guna menarik minat wisatawan serta mendukung pertumbuhan sektor pariwisata budaya dan industri kreatif lokal di Tanjung Enim. Kata Kunci: Batik Kujur, Video Promosi, Wisata Budaya, Tanjung Enim, Media Sosial
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Batik Kujur, Video Promosi, Wisata Budaya, Tanjung Enim, Media Sosial |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Administration > Undergraduate Theses |
Depositing User: | dinda a.p Pustaka Adm Bisnis |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:12 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:12 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/18264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |