STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA DI TAMAN CELOSIA JOKIS KENTEN

KERENSIAH, SARAH (2024) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG OBJEK WISATA DI TAMAN CELOSIA JOKIS KENTEN. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img]
Preview
Text
File 1 Cover.pdf

Download (899kB) | Preview
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
File 2 Bab 1.pdf

Download (782kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
File 3 Bab 2.pdf

Download (206kB)
[img] Text (BAB III KEADAAN UMUM PERUSAHAAN)
File 4 Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
File 5 Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (738kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (BAB V KESIMPULAN DAN SARAN)
File 6 Bab 5.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
File 7 Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB) | Preview
[img] Text (lampiran)
File 8 Lampiran.pdf

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menentukan strategi pemasaran dalam meningkatkan jumlah pengunjung di Taman Celosia Jokis Kenten dengan menggunakan analisi SWOT. Peneliti menentukan faktor internal barupa kekuatan dan kelemahan serta faktor eksternal berupa peluang dan ancaman yang ditinjau dari bauran pemasaran yaitu product, price, place, promotion, people, process, dan physical evidence di Taman Celosia Jokis Kenten untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat. Subjek dalam penelitian ini ialah pemilik Taman Celosia Jokis Kenten dan pengunjung, dan sumber data pada penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder. Jenis penelitian yang dilakukan ialah menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan analisis data kualitatif dan metode penelitian yang peneliti gunakan ialah wawancara, kuesioner, dan dokumentsi. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa nilai IFAS 3,214839 dan nilai EFAS 3,222522 yang menunjukan bahwa Taman Celosia Jokis Kenten berada pada kuadran satu di matriks grand strategy dengan posisi kompetitif yang kuat dan pertumbuhan pasar yang cepat sehingga dapat memanfaatkan kekuatan dan peluang yang ada. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka Taman Celosia Jokis Kenten memiliki empat strategi yaitu 1) Strategi strengths opportunity. 2) Strategi weaknesses opportunity 3) Strategi strengths threats. 4) Strategi weaknesses threats. Saran yang diberikan peneliti dalam penelitian ini ialah 1) Mempertahankan kualitas pelayanan yang ada, meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan serta meningkatkan kualitas fasilitas. 2) Memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk melakukan pemasaran. 3) Memahami persaingan pasar terkait harga, kualitas produk, cara pemasaran, cara pelayanan dan lainnya untuk menghadapi ancaman yang ada. 4) Meningkatkan keamanan sekitar objek wisata dengan cara bekerja sama dengan pihak keamanan sehingga terhindar dari ancaman berupa tindak kriminal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, dan Analisis SWOT
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 19 Jul 2025 04:37
Last Modified: 19 Jul 2025 04:37
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16566

Actions (login required)

View Item View Item