TINJAUAN TATA RUANG KANTOR PADA BAGIAN PELAYANAN PELANGGAN DAN ADMINISTRASI DI PT PLN (PERSERO) ULP PANGKALAN BALAI

NAINGGOLAN, BINTANG AURORA. N (2024) TINJAUAN TATA RUANG KANTOR PADA BAGIAN PELAYANAN PELANGGAN DAN ADMINISTRASI DI PT PLN (PERSERO) ULP PANGKALAN BALAI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (550kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (990kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN ATAU KEADAAN UMUM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (449kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text
BAB V SARAN DAN KESIMPULAN.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Laporan akhir ini membahas tentang ”Tinjauan Tata Ruang Kantor Bagian Pelayanan Pelanggan dan Administrasi di PT PLN (Persero) ULP Pangkalan Balai” yang dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tinjauan tata ruang kantor pada bagian pelayanan pelanggan dan administrasi dengan fokus pada permasalahan ruang yang sempit. Keterbatasan ruang sering kali mengakibatkan tantangan dalam efisiensi kerja dan kepuasan pelanggan serta karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari desain ruang sempit terhadap operasional dan memberikan rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan meliputi analisis desain ruang yang ada, observasi langsung, wawancara dengan staf dan kepala bagian K3L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang yang sempit dapat menyebabkan kemacetan alur kerja, mengurangi kenyamanan interaksi pelanggan, dan menurunkan produktivitas karyawan. Desain yang tidak memadai juga berpotensi mengganggu komunikasi dan kolaborasi antar tim. Rekomendasi dari penelitian ini meliputi redistribusi ruang yang lebih efisien, penggunaan furnitur multifungsi, dan penataan area kerja yang lebih terstruktur untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi perusahaan dalam mengatasi tantangan ruang sempit dan meningkatkan efektivitas serta kepuasan dalam pelayanan pelanggan dan administ

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tata ruang kantor, Ruang sempit, Upaya
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Business Administration > Undergraduate Theses
Depositing User: Mr Bambang Anthony
Date Deposited: 05 Aug 2025 03:21
Last Modified: 05 Aug 2025 03:21
URI: http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16685

Actions (login required)

View Item View Item