NAINGGOLAN, BINTANG AURORA. N (2024) TINJAUAN TATA RUANG KANTOR PADA BAGIAN PELAYANAN PELANGGAN DAN ADMINISTRASI DI PT PLN (PERSERO) ULP PANGKALAN BALAI. Diploma thesis, Politeknik Negeri Sriwijaya.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (550kB) |
|
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (990kB) |
|
![]() |
Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf Download (182kB) |
|
![]() |
Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN ATAU KEADAAN UMUM.pdf Restricted to Repository staff only Download (375kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (449kB) | Request a copy |
|
|
Text
BAB V SARAN DAN KESIMPULAN.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Laporan akhir ini membahas tentang ”Tinjauan Tata Ruang Kantor Bagian Pelayanan Pelanggan dan Administrasi di PT PLN (Persero) ULP Pangkalan Balai” yang dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tinjauan tata ruang kantor pada bagian pelayanan pelanggan dan administrasi dengan fokus pada permasalahan ruang yang sempit. Keterbatasan ruang sering kali mengakibatkan tantangan dalam efisiensi kerja dan kepuasan pelanggan serta karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari desain ruang sempit terhadap operasional dan memberikan rekomendasi perbaikan. Metode yang digunakan meliputi analisis desain ruang yang ada, observasi langsung, wawancara dengan staf dan kepala bagian K3L. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ruang yang sempit dapat menyebabkan kemacetan alur kerja, mengurangi kenyamanan interaksi pelanggan, dan menurunkan produktivitas karyawan. Desain yang tidak memadai juga berpotensi mengganggu komunikasi dan kolaborasi antar tim. Rekomendasi dari penelitian ini meliputi redistribusi ruang yang lebih efisien, penggunaan furnitur multifungsi, dan penataan area kerja yang lebih terstruktur untuk memaksimalkan penggunaan ruang yang ada. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan praktis bagi perusahaan dalam mengatasi tantangan ruang sempit dan meningkatkan efektivitas serta kepuasan dalam pelayanan pelanggan dan administ
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tata ruang kantor, Ruang sempit, Upaya |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HG Finance |
Divisions: | Business Administration > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 05 Aug 2025 03:21 |
Last Modified: | 05 Aug 2025 03:21 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/16685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |