Sahara, Ardhianti (2023) PERENCANAAN GEOMETRIK DAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PADA RUAS JALAN BANDAR JAYA-KELUANG STA 6+100 -11+300 KABUPATEN MUSI BANYUASIN PROVINSI SUMATERA SELATAN. Other thesis, UPT PERPUSTAKANPOLSRI.
|
Text (Cover)
file I.pdf Download (347kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I PENDAHULUAN)
file II (Bab 1).pdf Download (221kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
file III (Bab 2).pdf Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB III PERHITUNGAN GEOMETRIK DAN PERKERASAN)
file IV (Bab 3).pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV MANAJEMEN PROYEK)
file V (Bab 4).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
|
Text (BAB V PENUTUP)
file VI (Bab 5).pdf Download (194kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
file VII (Daftar Pustaka).pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (16MB) | Preview |
Abstract
Jalan memiliki peranan yang sangat penting dalam meningkatkan pertumbuhan baik lokal maupun nasional. Di dalam penulisan laporan akhir ini, penulis ingin mengetahui bagaimana metode perencanaan geometrik dan tebal perkerasan yang baik pada Jalan Bandar Jaya-Keluang Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan, sehingga jalan yang akan dilalui dapat memberikan rasa aman, nyaman, dan ekonomis bagi pengguna jalan. Dalam perencanaan jalan ini penulis mendesain perencanaan berdasarkan klasifikasi kelas jalan, beban lalu lintas, data tanah sebagai pendukung dan peta kontur daerah. Di dalam merencanakan desain geometrik jalan raya, hal–hal yang menjadi acuan dalam perencanaan meliputi perhitungan alinyemen horizontal, alinyemen vertikal, kelas jalan, serta menetapan perkerasan apa yang digunakan. Dari hasil perhitungan – perhitungan maka Jalan Bandar Jaya-Keluang Kabupaten Musi Banyuasin Provinsi Sumatera Selatan ini merupakan jalan Lokal Kelas III dengan kecepatan rencana 60 km/jam, terdapat 2 lajur 2 arah dengan lebar jalan 2 x 2,75 m, dan lebar bahu jalan 1 m. Pada jalan ini menggunakan 6 buah tikungan diantaranya, 4 Spiral Cicle Spiral, 1 Spiral – Spiral dan 1 Full Circle. Lapis permukaan jalan menggunakan Lalaston AC-WC dengan tebal 4 cm, AC-BC dengan tebal 6 cm, dan AC Base dengan tebal 8 cm. Untuk lapis pondasi atas mengunakan batu pecah kelas A dengan tebal 30 cm. Dan pembangunan ruas jalan ini dilaksanakan dalam waktu 98 hari kerja dengan total biaya pelaksanaan Rp 37.820.696.980,00- (Tiga Puluh Tujuh Miliyar Delapan Ratus Dua Puluh Juta Enam Ratus Sembilam Puluh Enam Ribu Sembilan Ratus Delapan Puluh Rupiah), dengan waktu pelaksanaan 100 hari kalender.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alinyemen Horizontal, Alinyemen Vertikal, Tebal Pekerasan, Biaya Pelaksanaan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Civil Engineering > Undergraduate Theses |
Depositing User: | Mr Bambang Anthony |
Date Deposited: | 23 Sep 2024 02:44 |
Last Modified: | 23 Sep 2024 02:44 |
URI: | http://eprints.polsri.ac.id/id/eprint/15512 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |